Aljazair akan membeli sekitar 300 kendaraan tempur pendukung tank (tank support combat vehicle – TSCV) BMPT-72 Terminator 2 buatan Rusia, media pemerintah Aljazair Menadefense melaporkan pada 9 September.


Menurut laporan tersebut, Rusia dan Aljazair menandatangani sebuah kesepakatan mengenai pembelian TSCV Terminator 2 pada tahun 2016 dan Moskow akan mengirimkan kendaraan tempur tempur pada tahun 2017-2018 kepada militer Aljazair.


Aljazair akan menggunakan TSCV Terminator 2 untuk mendukung tank tempur T-90SA yang dibeli dari Rusia sebelumnya. Kini, militer Aljazair menggunakan kendaraan taktis yang dilengkapi peluncur ATGM Kornet dan sistem senjata anti pesawat swagerak ZSU Shilka untuk tugas ini.


BMPT-72 didesain dan dikembangkan oleh perusahaan Rusia Uralvagonzavod. Kendaraan ini didesain untuk mendukung tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya untuk pertrmpuran di wilayah perkotaan (urban). BMPT-72 dibuat berdasarkan chasis tank tempur utama T-72. BMPT-72 dipersenjatai dua meriam 30mm 2A42, empat peluncur rudal anti tank 9M120 Ataka-T, dua pelontar granat 30mm AG-17D, satu senapan mesin PKTM. Kendaraan itu ditengai dengan mesin diesel V92S2 berdaya 1.000 hp.


Sumber : southfront.org, en.wikipedia.org

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here