Sudah Pakai Motor GP17, Kenapa Jorge Lorenzo Beda Nasib Dari Dovizioso (2)

Andrea Dovizioso memang luar biasa hingga mampu mengejar Marc Marquez sampai race ke-14 di MotoGP 2017. Namun menurut Mick Doohan, pengamat Moto GP, meski sudah berupaya keras dengan motor Desmosedici GP17 yang semakin garang, ada kemungkinan musim ini bukan milik sang pebalap Italia. Performa Marquez yang lebih hebat menjadi alasan.

Di GP Aragon 2017 lalu, Andrea Dovizioso harus menelan pil pahit. Posisinya yang sempat seimbang dengan Marc Marquez harus berubah total. Ketika Dovi tidak kompetitif, Marquez berhasil mengambil jarak masif sehingga ketertinggalan sang pebalap Italia mencapai 16 poin. Jumlah ini seakan memang kecil, karena kompetisi masih menyisakan empat balapan lagi. Artinya, masih ada 100 poin yang bisa diamankan Dovi.

Namun, melihat tingkat kompetitif Marc Marquez dan keterbatasan motor Ducati yang digeber oleh Dovizioso, ada keraguan sang pebalap Italia masih bisa bersaing. Jangan-jangan, seperti musim lalu, Marquez akan memenangi kejuaraan bahkan sebelum seri terakhir di Valencia.

Menurut Mick Doohan, kenyataannya memang serba sulit. Andrea Dovizioso sudah melakukan cara terbaik untuk bertarung musim ini. Cuma, dia menghadapi lawan yang punya segala keunggulan untuk lebih hebat daripada siapapun. Sebaliknya, Dovi tidak punya faktor X seperti yang dimililki Marquez.

Andrea Dovizioso Sekarang Rival di MotoGP 2017 Tahu, Aku Berbahaya! 2

Kata Doohan dikutip dari Motorsport.com, “Dovi tidak berada di posisi yang sama seperti Marc. Dia telah bertarung dengan para pebalap top (di MotoGP) selama bertahun-tahun, tapi saya tidak tahu apakah dia ((Dovi) benar-benar bisa mendominasi mereka. Tapi mungkin saya salah dan Dovizioso akan menunjukkan (kemampuan sejatinya) kepada saya.”

Sementara itu, Dani Pedrosa, yang pernah menjadi rekan satu tim Dovizioso, lebih menyoroti kombinasi Dovi dan Ducati yang musim ini sangat cocok. Baginya, apapun hasil yang didapatkan oleh sang pebalap Italia, musim ini kombinasi tersebut layak mendapatkan acungan jempol.

“Sudah jelas bahwa Andrea telah mengejutkan kami tahun ini. Dia telah melakukan pekerjaan dengan luar biasa, dan kita menyaksikan bahwa kerja ini berhasil. Tentunya, jika Ducati akan menjadi motor yang berbeda, mungkin dia tidak akan mencapai hasil tersebut. Artinya, baik Ducati maupun Dovizioso layak mendapatkan kredit yang sama.”

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here