Android 8.0 Oreo

Android 8.0 Oreo

Setelah sekian lama dinanti kehadirannya, Google secara resmi telah memperkenalkan Android 8.0 Oreo. Sebelumnya, penerus Android Nougat ini menggunakan nama sandi Android O. Banyak spekulasi mengenai huruf O ini, salah satunya adalah Orellete. Namun, Android O ini ternyata mirip dengan Android 4.4 KitKat yang menggunakan nama brand makanan ringan, yakni Oreo.

Raksasa mesin pencari yang bermarkas di Mountain View ini mengatakan bahwa sistem operasi Android 8.0 Oreo ini menawarkan performa yang lebih cepat, pintar, dan powerful ketimbang rilis sebelumnya. Hal ini terlihat dari Android O developer preview yang menunjukkan peningkatan pada sisi performa yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan Android Nougat.

Beberapa fitur unggulan Android 8.0 Oreo ini antara lain adalah PIP (picture in picture) dan autofill. Kedua fitur ini sudah terlihat sejak versi Developer Preview dirilis. Kini telah hadir notifikasi baru yang memungkinkan pengguna mengetahui apa yang baru pada aplikasi sosial media dan memutuskan apa yang akan dilakukan.

Tak hanya itu, Android 8.0 Oreo ini juga telah melakukan desain ulang semua emoji yang ada di Android. Tak kurang dari 60 emoji baru juga telah ditambahkan di sistem operasi baru tersebut. Sisi keamanan, Android 8.0 Oreo dibekali dengan Google Play Protect untuk meningkatkan kemanan perangkat. Selain itu, Android 8.0 Oreo ini juga mengalami peningkatan dalam hal konsumsi baterai.

Google telah merilis Android 8.0 Oreo AOSP (Android Open Source Project) bagi pengguna yang tak sabar mencicipinya. Tak hanya itu, Android 8.0 Oreo akan segera hadir updatenya untuk smartphone Nexus dan Pixel series dalam waktu dekat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here