Singapura vs Argentina 0-6, s

Argentina berpotensi gagal ke Piala Dunia 2018. Posisi mereka saat ini di kualifikasi zona CONMEBOL adalah peringkat kelima, batas akhir ke babak play-off. Intervensi CAS yang menolak banding Bolivia menjadi salah satu penyebab posisi Argentina ini. Namun pelatih timnas berjuluk Albiceleste, Jorge Sampaoli, menegaskan, pihaknya tidak akan mau bergantung pada siapapun, dan siap meraup kemenangan dalam empat laga pamungkas.

Agar bisa otomatis berangkat ke Rusia tahun depan, Argentina minimal berada di peringkat empat klasemen zona CONMEBOL. Sejatinya, mereka sudah berada di peringkat tersebut. Namun, FIFA kemudian secara tidak langsung membuat posisi Albiceleste jatuh.

Pasalnya, FIFA menghapus kemenangan Bolivia 2-0 atas Peru dan hasil imbang 0-0 melawan Peru. Sebagai ganti, Bolivia diberi hukuman kalah WO 3-0 dalam dua laga tersebut. Hukuman itu terjadi karena Bolivia didakwa menggunakan pemain ilegal dalam dua laga itu, yaitu pemain kelahiran Paraguay, Nelson Cabrera.

Hasil Piala Dunia U20 Grup A Guinea vs Argentina 0-5, (1)

Mengapa hukuman Bolivia jadi penting untuk Argentina? Pasalnya, dengan tambahan dua angka –dari mulanya imbang lantas menjadi kemenangan atas Bolivia–, Chile mengoleksi 23 poin. Jumlah ini satu angka di atas Argentina. Andai tidak ada hukuman untuk Bolivia, Argentina akan di atas Chile karena memiliki 22 poin, sementara La Roja 21 angka.

Sejatinya, Bolivia sudah melakukan banding kepada CAS. Mereka mempertanyakan keabsahan hak FIFA untuk memberikan hukuman kepada mereka. Sementara, Argentina berharap, banding itu dikabulkan, yang bakal mempengaruhi posisi mereka. Namun sekarang pil pahit kedua ditelan oleh Albiceleste, karena badan arbitrase olahraga internasional, CAS malah menegaskan sahnya hukuman FIFA kepada Bolivia.

CAS menyampaikan, “Panel [CAS] menolak argumen  Bolivia; dan menyatakan FIFA memiliki hak untuk melakukan proses persidangan ex officio melawan Bolivia di bawah Kode Disiplin FIFA dalam batas waktu dua tahun.”

Melihat posisi Argentina yang akhirnya tetap di peringkat kelima, pelatih Jorge Sampaoli tetap optimis. Sejak awal dia ingin Argentina lolos dengan kekuatan sendiri; entah banding Bolivia dikabulkan CAS atau tidak.

Kata Sampaoli, “Kami tidak bergantung pada keputusan CAS. Untuk alasan ini, sejak awal, kami telah bekerja untuk mengubah situasi  dan berusaha lolos ke Rusia.”

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here