sosis

Makanan dan nutrisi yang dikandungnya akan mempengaruhi kinerja tubuh, serta kualitas kesehatan manusia. Fakta itu bukan hal yang baru lagi dalam dunia kesehatan. Bahkan beberapa makanan yang mengandung bahan adiktif, mampu memperburuk fungsi otak dan membuat seseorang jadi mudah lupa.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Brigham and Women’s Hospital mengungkap beberapa jenis makanan yang memperburuk ingatan seseorang. Mereka mendapat bantuan dari 6.000 relawan usia paruh baya yang memberi informasi apa saja makanan yang mereka konsumsi dalam kurun lima tahun terakhir.

Laman mydomaine.com, Senin (3/7/2017) menulis, di hasil akhir studi terungkap bahwa orang yang kerap mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh punya kualitas daya ingat yang buruk.

Otak ternyata dipengaruhi oleh makanan dengan lemak jenuh tinggi, bahkan memicu munculnya penyakit Alzheimer. Berikut ini beberapa jenis makanan yang memperburuk kualitas otak manusia:

Lemak jenuh tinggi

Misalnya adalah bacon (babi panggang), sosis babi, mentega, serta keju. Lemak jenuh membahayakan sel otak, dan mengganggu kemampuan otak saat belajar dan mengingat informasi baru dalam waktu 10 menit.

Makanan putih

Misalnya adalah nasi putih, roti, pasta, yang memiliki indeks glikemik tinggi. Ini memicu munculnya peradangan di otak, bahkan bikin susah mengingat.

Minyak terhidrogenasi

Bahkan ada anggapan bahwa ini merupakan makanan terburuk di dunia, umumnya ada pada gorengan. Makanan ini sulit dipecah oleh sistem pencernaan, memicu penyakit jantung dan Alzheimer.

Gula tambahan

Gula dalam tubuh memicu munculnya peradangan, dan merusak syaraf. Dalam penelitian diungkap bahwa gula memicu radang di pusat kendali memori otak. Ia juga memicu depresi dan bad mood.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here