sayuran-hijau


Makanan yang tak habis dikonsumsi hari ini, biasanya akan dipanaskan kembali agar awet dan bisa dimakan esok harinya. Akan tetapi kebiasaan ini sebaiknya tidak dilakukan pada beberapa jenis makanan tertentu.


Alasannya, ada bahaya kesehatan tersendiri yang mengintai jika makanan tersebut kembali dipanaskan dalam suhu tinggi. Salah satunya adalah risiko perubahan struktur kimia dan nutrisi dalam makanan. Berikut ini contohnya seperti dilansir laman Boldsky:


Ayam


Memanaskan kembali hidangan berbahan ayam, dapat mengubah protein yang ada di dalam masakan tersebut. Efek paling parah adalah Anda akan mengalami masalah pencernaan.


Kentang


Walau sangat lezat dan sehat, namun kentang juga kurang baik jika dipanaskan sampai berulang kali. Apabila Anda menyimpan masakannya dalam jangka waktu lama, maka kandungan gizinya hilang. Jika dipanaskan lagi, maka dapat timbul masalah pencernaan.


Jamur


Hidangan dari bahan jamur pun baiknya langsung dihabiskan begitu usai memasak. Jika sampai dipanaskan berulang kali maka kandungan proteinnya akan berubah dan menjadi bahaya untuk kesehatan.


Telur


Protein telur bakal berkurang atau bahkan hilang jika dipanaskan. Bahkan ia akan berubah menjadi zat yang beracun dan memicu masalah pencernaan jika sampai dipanaskan berulang kali.


Bayam


Sayur ini pun idealnya harus langsung habis begitu usai dimasak. Jangan sampai dipanaskan, atau dikonsumsi lebih dari 6 jam usai dimasak. Ada zat bernama nitrat pada bayam yang dapat berubah jadi nitrit yang bersifat racun, jika dipanaskan kembali.


Seledri


Seledri pun mengandung nitrat yang akan menjadi nitrit jika dipanaskan kembali. Nitrit ini berbahaya dan dapat memicu kanker. Semoga bermanfaat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here