Ayu Dewi Potong Rambut Anak

Aktris Ayu Dewi baru saja menggelar Mohunthingo, prosesi potong rambut bayi adat Gorontalo. Ayu dan sang suami, Regi Datau membagi tugas untuk mempersiapkan prosesi ini.

Usia anak kedua Ayu Dewi dan Regi Datau, Mohamad Aqlan Ukasyah Datau tepat berusia 40 hari. Karena itu Ayu Dewi dan Regi Datau sepakat untuk melakukan prosesi potong rambut Aqlan pada hari Minggu, 27 Agustus 2017 kemarin. Tidak biasanya, Ayu Dewi memutuskan untuk menggunakan adat Gorontalo yang disebut Mohunthingo.

Menurut Ayu Dewi, adat Gorontalo lebih banyak doa – doa Islam yang baik untuk putranya itu.

“Hari ini senang banget, gunting rambut Aqlan, perlambang anak ini sudah usia 40 hari, yang mana berarti dia menuju kehidupan yang nantinya akan dia arungi,” ujar Ayu Dewi, dikutip Kumparan (27/8).

“Tadinya ‘kan waktu hamil 7 bulanan, mau pakai adat Jawa, tapi ternyata ada baby shower, yaudah enggak jadi, deh. Kenapa Gorontalo? Karena saya suka banget sama adat. Terus kalau Gorontalo itu lebih ke syariat islam, dari kata-katanya juga beda, banyak doa gitu,” papar Ayu lagi.

Ayu Dewi Potong Rambut Anak2

Ayu Dewi berbagi tugas dengan Regi Datau untuk mempersiapkan prosesi itu. Ayu bagian dekorasi, Regi khusus untuk makanannya.

“Aku lebih memperhatikan dekorasi ya. Karena kan enggak enak kalau sudah ngundang tamu, terus tempat enggak nyaman, kalau Regi lebih ke makanannya. Kita kalau nyiapin ini pasti sampai tengah malem, enggak pulang, ngawasin gitu,” tambah Ayu.

Ayu dan Regi berharap Aqlan tumbuh menjadi pribadi yang tidak hanya pandai tetapi juga mempunyai akhlak yang baik.

“Pokoknya nanti kami akan mengajarkan mereka ajaran yang Islami, terus by logic aja gitu. Yang penting mereka tahu sopan santun, bermoral, dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi,”  harap Ayu.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here