Sejak dulu, Virgiwan Listanto atau yang lebih populer disapa Iwan Fals memang terkenal dengan lirik lagu yang kritis dan sarat akan potret kehidupan sosial, politik dan ekonomi rakyat Indonesia. Seperti lagu terbarunya yang kini mendadak viral di dunia maya. Dalam video yang beredar, Iwan Fals terlihat menyanyikan sebuah lagu yang liriknya bermuatan kritik. Benarkah kritik tersebut ditujukannya untuk pemerintahan Joko Widodo?

Seperti direportasekan kembali dari laporan Viva.co.id, Rabu (13/9/2017), melalui akun Facebook bernama Nardi Tanjong, video ini langsung menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, dalam video berdurasi sekitar 8 menit tersebut, Iwan Fals terlihat menyanyikan lagu yang membahas tentang Nawa Cita hingga janji Presiden Joko Widodo.

Dalam tiap liriknya, Iwan Fals menyebut poin-poin janji Jokowi saat sedang berusaha memenangkan pemilu 2014 lalu.

“Membagi satu juta Rupiah per keluarga pra-sejahtera per bulannya, kalau pertumbuhan (ekonomi) di atas 7 persen katanya,” ujar Iwan Fals bernyanyi.

Yang menarik, lirik berisi janji-janji yang disenandungkan Iwan Fals ini dengan ramainya disahuti oleh ratusan orang yang menonton aksi sang legendaris tersebut.

“4,5 juta kepala keluarga mendapat program kepemilikan tanah, pembangunan, dan irigasi di tiga juta hektar sawah,” Iwan Fals bertutur melalui nada-nadanya.

“Bohoooooooooooong,” sahut penonton.

“Mensejahterakan guru-guru dan membangun pendidikan baik, menggunakan Kartu Indoensia Pintar.”

“Bohooong,” seru penonton lagi.

Lirik pada lagu ini juga mengutarakan harapan Iwan Fals terhadap pemerintahan Jokowi. Ia berharap agar semua janji Jokowi bukan janji palsu.

“Janji Jokowi semoga bukan janji kompeni,” sebut Iwan Fals menyenandungkan liriknya.

Tak pelak, video ini mendapat beragam reaksi pro dan kontra di kolom komentar. Banyak netizen yang mendukung lagu tersebut, namun banyak juga yang tidak setuju. Bahkan, sejumlah warganet pun kepergok saling debat di kolom komentar.

Salah seorang warganet menyebutkan, lagu ini bukan lagu baru Iwan Fals.

“Jangan terprofokasi sodara2 dan langsung menghujatnya tanpa tabayun dulu. Demi Allah ini bukan lagu baru tapi sudah lama di ciptakan,di ciptakan setelah jokowi baru di lantik jadi presiden pada tahun 2014… Dan konser ini di senayan kami pun nonton,” tulis akun Embon Embonia.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here