Ketua Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab berencana pulang ke Indonesia tepat di hari ulang tahun Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2017.

Kuasa hukum Habib Rizieq, Sugito Atmo Pawiro mengatakan bahwa kepulangan Habib Rizieq ini bertujuan untuk menghadiri ulang tahun FPI.

“Ada rencana mau pulang dulu sebentar untuk menghadiri milad FPI pada 17 Agustus 2017, kalau memungkinkan,” tutur Sugito, dilansir kompas.com, Senin (24/7/2017).

Namun, sebelum memutuskan pulang ke Indonesia, Habib Rizieq akan terlebih dulu melihat kondisi Indonesia. Jika suasana kondusif dan memungkinkan bagi dirinya untuk terbang ke Indonesia, barulah Habib Rizieq akan pulang.

“Nanti kalau suasana kondusif dan bisa normal keadaannya soal perkaranya yang ada di Polda Metro ya akan kembali,” lanjutnya.

Sugito menambahkan, Habib Rizieq tak akan lama di Indonesia. Setelah menghadiri acara ulang tahun FPI, Habib Rizieq akan berangkat kembali ke Saudi untuk melaksanakan ibadah haji.

“Habib itu sedang persiapan untuk ibadah haji pada saat Idul Adha, kalau di kalender nasional kan 1 September (2017) itu kan libur Idul Adha. Ya, sekitaran itu,” ungkap Sugito.


Namun, hingga kini nama Rizieq Shihab masih berada di Daftar Pencarian Orang (DPO) kepolisian. Ini artinya, Habib Rizieq masih dianggap sebagai buron.

Status DPO Habib Rizieq ini terkait kasus chat mesra antara dirinya dengan Firza Husein. Dalam kasus ini, Habib Rizieq dijerat dengan Pasal 4 ayat 1 juncto Pasal 29 dan atau Pasal 6 juncto Pasal 32 dan atau Pasal 9 juncto Pasal 34 Undang-Undang RI nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.

Sebelumnya, Habib Rizieq juga telah berkali-kali dikabarkan akan pulang ke Indonesia. Namun, karena menilai bahwa kasus yang menjeratnya adalah bentuk kriminalisasi ulama, Habib Rizieq enggan pulang ke Indonesia.

Kuasa hukum Habib Rizeq juga mengatakan, kasus chat mesra tersebut terlihat dipaksakan dan dibuat-buat setelah Habib Rizeq menjadi pentolan dalam aksi Bela Islam untuk memenjarakan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here