minum-susu

Anggapan yang berkembang di masyarakat selama ini, susu adalah minuman yang multi manfaat. Jika anak atau orang dewasa tak mau makan, maka susu dapat menjadi pengganti makanan pokok dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Padahal faktanya tidak begitu lho.

Mitos mengenai susu tersebut membuat industri susu berkembang pesat, dan orang rela merogoh kocek dalam-dalam demi membelinya.

Sekedar informasi saja agar Anda tidak ikut meyakini seratus persen mitos tersebut, berikut adalah hal yang akan terjadi pada tubuh jika berhenti minum susu seperti dilansir laman Times of India:

Tulang bisa tetap kuat

Walau susu mengandung kalsium, namun makanan lain pun banyak yang mengandung nutrisi yang sama. Jadi tanpa minum susu pun tulang Anda bisa tetap kuat dan terhindar dari osteoporosis.

Tidak kekurangan kalsium

Anda bisa memperoleh sumber kalsium bagi kesehatan tulang dari buah, sayuran hijau, kacang-kacangan, susu kacang seperti susu almond, sereal, dan lainnya.

Gangguan pencernaan hilang

Bagi orang dewasa atau yang intoleran terhadap laktosa susu, masalah pencernaan akan muncul jika minum susu hewani. Anda bisa mengalami konstipasi, mulas, diare, dan kembung. Sebaliknya jika berhenti, maka masalah itu akan hilang.

Beberapa penyakit tak dialami

Dalam beberapa penelitian, orang yang tak lagi mengonsumsi susu akan memiliki risiko rendah untuk mengalami kanker. Selain itu juga terhindar dari diabetes karena kandungan gula yang tinggi dalam susu kemasan. Juga terhindar dari masalah pencernaan.

Kulit sehat

Menurut dermatologis, sebagian orang yang minum susu akan mengalami jerawat, eksim dan masalah kulit lain. Sementara jika Anda berhenti minum susu, masalah tersebut akan hilang.

Hormon seimbang

Tak disangkal lagi, industri susu sapi kerap memberikan suntikan hormon buatan kepada sapi agar terus memproduksi susu. Ini tentu membuat susu yang dihasilkan juga mengandung hormon tersebut. Jika Anda meminumnya, Anda juga akan terdampak hormon tersebut. Nah apabila Anda berhenti minum susu, masalah hormon itu tak akan Anda alami.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here