Jatuh cinta sih jatuh cinta, tapi apakah benar diri kita yakin kalau si dia fine-fine saja? Apakah ada tanda-tanda kalau sikapnya aneh dan cenderung psikopat?


Ya, terkadang tampilan luar hanya jadi sesuatu yang dilihat mata saja. Begitu bicara tentang karakter baik dan tidak baik, itu hanya bisa dirasakan dari cara bertutur dan bersikap. Jadi memang sebisa mungkin jangan cepat-cepat kasih hati alias jatuh hati pada pandangan pertama!


Siapa sangka kalau ternyata dirinya adalah psikopat?


Oh ya, psikopat itu apa sih?


Sebutan ‘psikopat’ atau ‘sosiopat’ adalah sebutan yang menggambarkan seseorang punya kepribadian anti-sosial dan sulit untuk bisa berbarengan dengan seseorang. Demikian penjelasan dari Dr. Paul DePompo, psikolog sekaligus penulis buku The Other Woman’s Affair.


Lalu apa ciri-ciri psikopat?


#1 Kurang empati


Ini tanda paling simpel apakah dirinya psikopat atau bukan bisa dilihat apakah si dia kurang perhatian dan peduli dengan kita dan dengan teman-temannya. Perhatikan ini baik-baik. Ukuran kurang empati karena tidak adanya kedalaman emosi dan rasa kesadaran. Kondisi orang lain tak berarti apa-apa buat seorang psikopat! Duh …


#2  Arogan


Ini salah satu ciri psikopat lain yang mudah dikenali. Mereka merasa diri mereka sendiri lebih penting dibanding yang lainnya. Jadi ya, kalau Anda punya opini oh, maaf, opini Anda sangat tidak penting baginya.



#3  Emosi tak nyambung


Awal momen kencan biasanya untuk menyatukan nyambung-nggak nyambung karakter Anda dan dirinya. Apakah si dia bisa ketawa dengan becandaan kecil Anda dan sebaliknya. Tapi simpelnya nih: para psikopat biasanya sangat jarang merasa bersalah atas perbuatan mereka sendiri, sebetapa beratnya mereka melukai orang lain, itu tak masalah bagi mereka. Hiy!


#4  Kebohongan kronis


Jika kita mulai melihat kalau dirinya sudah sering berbohong, itu bisa jadi tanda. DePompo bilang, psikopat bersikap seolah-olah merekalah yang paling pitar dan sulit untuk mengakui kalau mereka melanggar aturan. Jahatnya, mereka kerap lakukan itu seperti memanfaatkan Anda untuk keuntungan mereka!


#5  Kerap melanggar hukum


Simpel saja, hukum dibuat untuk menata prilaku orang untuk tertib dan jadi lebih baik. Apa yang dilakukan psikopat? Mereka dengan seenaknya bisa memelintir hukum demi kepentingan mereka dan agar diri mereka yang telah melanggar tidak tertangkap. Ini tingkah lanjutan psikopat skala besar setelah kebohongan kronis tadi.


#6  Impulsif


Tahapan awal apakah kita kencan dengan psikopat atau bukan bisa terasa apakah selama berhubungan kepala Anda pusing dengan sikapnya atau tidak. Menurut psikolog syaraf klinis, Rhonda Freeman, dari Psychology Today, bilang, tahap awal kencan akan terasa sangat tegang. Itu karena diri si psikopat impulsif alias berubah-ubah.


Jadi, teliti lebih dulu dengan baik, jangan terburu-buru ucapkan sesuatu yang fatal sebelum tahu karakter si dia tuh seperti apa. Oke?

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here