lensa kontak

Menggunakan lensa kontak bisa jadi solusi bagi orang dengan masalah mata seperti minus atau plus dan lainnya, namun enggan memakai kaca mata. Jauh lebih simpel menggunakan lensa yang langsung diletakkan di bola mata tersebut.

Akan tetapi, ada risiko yang juga dapat terjadi apabila terlalu lama mengenakan lensa kontak, misalnya iritasi mata dan infeksi. Mata kering pun jadi salah satu masalah yang harus dihadapi.

Jika iritasi, maka mata akan menjadi merah, gatal, serta mengeluarkan cairan lengket yang sering disebut belek. Tentu sangat mengganggu penampilan dan kesehatan mata sendiri jika sudah terjadi masalah demikian.

Untuk mengatasi masalah iritasi akibat penggunaan lensa kontak, berikut ini beberapa solusi yang dapat Anda ikuti, seperti dikutip dari laman okezone.com:

Obat tetes

Jika sudah mengalami gejala di atas, jangan lupa untuk segera melepaskan lensa kontak yang ada di mata Anda. Segeralah beri obat tetes mata untuk mengatasi masalah tersebut, paling tidak agar tidak bertambah parah.

Stop pakai lensa kontak

Sementara dalam pengobatan, hentikan memakai lensa kontak tersebut. Pakai kacamata saja dahulu agar iritasi sembuh. Jika Anda paksakan memakai lensa kontak, maka dapat bertambah parah.

Kompres

Rasa panas dan gatal di mata jangan disikapi dengan menggaruk. Cobalah kurangi rasa gatal dengan mengompres. Gunakan air hangat, dan sering ganti agar kondisi makin baik. Bisa juga dikompres memakai mentimun yang dipotong melebar.

Periksa dokter

Apabila obat tetes mata yang Anda gunakan tidak banyak menolong, demikian juga kompres air hangatnya, maka segeralah periksakan diri ke dokter.

Ganti merk lensa kontak

Gantilah merk lensa kontak yang Anda gunakan dengan merk lain. Iritasi bisa disebabkan karena Anda tak cocok dengan bahannya atau sebab lain.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here