asap dupa

Penggunaan dupa sebagai aroma terapi di beberapa rumah kecantikan, tempat yoga, atau salon dan spa sudah tidak aneh lagi. Asap dupa yang dibakar memang mengeluarkan aroma tersendiri, bertujuan untuk menimbulkan efek rileks dan tenang.

Akan tetapi ternyata menghirup asap dupa di ruang tertutup itu dapat memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan. Apa saja dampak buruk tersebut, laman Boldsky melansirnya seperti berikut ini:

Karsinogen

Pada dupa yang dibakar, menurut penelitian, terdapat zat karsinogen atau zat yang memicu munculnya kanker. Asap dupa yang masuk ke organ pernapasan mengandung benzena, karbonil, serta hidrokarbon poli aromatik. Inilah yang membahayakan kesehatan.

Iritasi mata dan kulit

Asap dupa tersebut juga dapat memicu iritasi di mata dan kulit, apalagi bagi Anda pemilik kulit sensitif. Hasilnya kulit bisa kering, gatal-gatal dan kemerahan.

Peradangan paru

Dapat juga terjadi peradangan paru akibat seringnya menghirup asap dupa tersebut. Apalagi bagi Anda yang mempunyai pernapasan sensitif, dan mudah alergi serta asma.

Sakit pernapasan

Menghirup asap dupa sama dengan memasukkan beberapa zat kimia ke dalam pernapasan. Ini rentan memicu munculnya sakit di pernapasan, misalnya batuk atau sesak napas.

Kerusakan sel

Dalam jangka pendek maupun panjang, sel-sel beberapa bagian tubuh yang sering terpapar asap dupa itu akan mengalami kerusakan.

Selain itu, masalah ginjal pun dapat terjadi akibat menumpuknya residu zat kimia yang ada pada asap tersebut. Nah, jika Anda dapat menghindar dari menghirup asap dupa, lebih baik hindari saja demi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here