Fahri Hamzah, Wakil Ketua DPR RI mengharapkan kehadiran Presiden Joko Widodo dalam Pansus Angket di DPR. Sebagai salah satu anggota, Fahri mengharapkan kehadiran Jokowi selaku Kepala Negara. Pasalnya, menurut Fahri, kepala negara bertanggung jawab secara penuh terhadap pemberantasan tindak korupsi.

Fahri Hamzah menyebutkan jika Presiden Jokowi perlu ditanya tanggapanya mengenai KPK. Apakah wajar di satu sisi presiden selalu menggaungkan anti korupsi, memberantas korupsi, sementara itu di sisi lainnya setiap harinya orang-orang ditangkap lantaran tindak korupsi.

“Nah yang kayak begini kalau menurut saya sih angket seharusnya juga manggil presiden. Ini ada apa? Presiden sadar nggak kalau ini ada elemen yang bekerja di bawah dia, tanpa koordinasi, nangkep sana sini, presidennya bengong dan kaya jadi konsumen,” tegas Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/8/2017) seperti yang dilansir di Jawapos.com

Padahal menurut mantan politisi PKS ini yang disumpah oleh rakyat untuk bisa bertanggung jawab terhadap jalannya negara adala presiden. Tetapi, sampai saat ini, kata Fahri, presiden tidak tahu mengenai penangkapan banyak orang di bawahnya, misalnya saja OTT terhadap hakim.

Dan oleh seba itulah Fahri menyebutkan jika penangkapan terhadap pejabat tentu saja menyangkut namanya kredibilitas negara. Sebab, jika negara diisukan di luar negeri sebagai negara korup tentu para pemodal ataupun juga investor akan berpikir berulang kali untuk menanamkan sahamnya atau berbisnis di Indonesia.

“Itu tanggungjawab presiden. Tapi pertanyaannya presiden sadar nggak dengan kondisi seperti ini,” tegas Fahri.

Oleh sebab itulah, papar Fahri, sebaiknya perlu ditanyakan kepada presiden mau kemana dan bagaimana arah pemberantasan korupsi itu. Dan Fahri menyebutkan lagi pemanggilan presiden itu perlu dilakukan saat nanti pansus tuntas dalam menungumpkan semua bukti dan memanggil KPK.

“Sudah saatnya menjelang keputusan, rekomendasi. Presiden ditanya, Pak presiden sampeyan mau kemana dengan keadaan ini? Bapak mau lolos kontrol terus tiap hari keadaan begini,” tutup Fahri.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here