obat generik lagi

Obat generik sering dipandang sebelah mata, apalagi jika dibandingkan dengan obat yang masih bermerk dagang atau bukan generik. Orang akan memilih obat yang bukan generik dengan alasan lebih mujarab, walau harga belinya lebih mahal.

Padahal fakta yang dibeberkan oleh Ketua Umum Ikatan Apoteker Indonesia, Drs. Nurul Falah Eddy Pariang, Apt berbeda dari anggapan tersebut lho. Dalam penjelasannya, selama produsen obat generik itu terdaftar dalam BPOM dan kinerjanya baik maka masyarakat tak perlu ragu memakai obat generiknya.

“Obat generik yang memiliki nomor POM, pastinya sudah melalui tahapan pembuatan obat yang benar. Terlebih, di industri farmasi sendiri, memiliki tahapan keamanan obat sebelum diproduksi ke khalayak,” ungkap Nurul Falah seperti dilansir laman Okezone.

Ditambah lagi dengan adanya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh pemerintah, keberadaan obat generik dengan harga murah lebih banyak diproduksi saat ini. Pastinya dengan kandungan, efektivitas, keamanan, dan kualitas tak jauh beda dari obat bukan generik.

Dirinya pun memberikan kiat aman memilih obat generik yang berkualitas, yakni harus jeli. Pastikan produsennya adalah pabrik farmasi yang sudah tersertifikasi Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB).

Lalu, perhatikan kemasan obat. Pilihlah kemasan yang masih baik, bersih, tidak rusak dan informasinya lengkap. Bukan kemasan yang sudah dipotong-potong. Selanjutnya, beli obat generik di tempat resmi seperti apotek-apotek berijin, agar asal muasal obat lebih terjamin.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here