1372432424000-Tour-de-France

Ajang balap sepeda jarak jauh Tour de France 2017 membutuhkan ketahanan fisik dari para peserta. Baru-baru ini viral sebuah foto kaki seorang peserta tur tersebut, pebalap bernama Pawel Poljanski. Ia mengunggah foto kakinya yang diberi caption ‘After sixteen stages I think my legs look little tired #tourdefrance.

Artinya adalah “Setelah menyelesaikan 16 tahap, kaki saya terlihat sedikit kelelahan.” Tur balap sepeda yang digelar di Prancis tersebut memang mengharuskan peserta melewati 16 tahap.

Tampak dalam foto, urat-urat yang ada di kaki Pawel menonjol seperti kawat. Bagian lututnya terlihat memar memerah, tanda kelelahan. Foto tersebut lantas viral dan mendapat lebih dari 42.689 like dan komentar yang mencapai ribuan pula.

kaki peserta balap sepeda

Sebagian besar merasa kasihan dan menyarankan agar Pawel tak memaksa tubuhnya bekerja terlalu keras.

“Itu tidak sehat, teman,” tulis salah satu komentar.

Sebenarnya bukan hanya kaki milik Pawel yang mengalami hal tersebut, karena sebagian besar pebalap sepeda pun memforsir kekuatannya untuk bisa mencapai garis finish di Tour de France.

Apakah hal itu aman bagi kesehatan kaki? Dr Bradley Launikonis dari University of Queensland School of Biomedical Science menyatakan bahwa apa yang dialami oleh Pawel dan atlit balap sepeda lainnya wajar saja.

Saat sedang berlomba, kaki akan menerima aliran darah yang jauh lebih banyak dibanding saat normal. Itu yang menyebabkan pembuluh darahnya membesar dan menonjol.

“Jumlah darah yang biasanya turun ke kaki kita adalah lima liter per menit. Sedangkan bagi atlet yang tergolong biasa saja, maksimal akan menurunkan 20 liter per menit yang mengalir melalui otot,” jelas Dr Bradley seperti dilansir laman ABC.

Kondisi akan lebih ekstrem dialami oleh atlet kelas dunia seperti Pawel. Mereka sudah biasa berlatih lebih keras dan lebih sering demi prestasi dunia.

Darah yang mengalir di kakinya bisa sampai 40 liter per menit, sebab mereka punya volume darah yang lebih banyak dari orang normal.

“Bisa dua kali lipat atau sekitar 40 liter per menit. Mereka memiliki volume darah yang sangat besar,” tambah Bradley.

Loading...

Sampaikan Pendapat