Totti president award

Sebuah penghargaan prestisius baru saja diperoleh lagi oleh Francesco Totti, yakni UEFA President’s Award. Meski bukan termasuk penghargaan yang banyak dikenal oleh orang, namun penghargaan ini hanya diberikan pada individu yang spesial saja dan yang telah menunjukkan karir yang luar biasa selama bermain sebagai pesepakbola.

Dalam keterangannya, UEFA menjelaskan bahwa UEFA President’s Award adalah penghargaan yang diberikan kepada seorang mantan pemain yang telah mendapatkan pencapaian luar biasa, menunjukkan sikap profesional yang bagus, dan punya kepribadian yang pantas dicontoh. Penghargaan ini untuk pertama kalinya diperkenalkan UEFA pada 1998 lalu meski sempat vakum dalam tiga edisi.

Beberapa pemain tenar pernah mendapatkan penghargaan ini sebelumnya. Sebut saja seperti Paolo Maldini, Sir Bobby Robson, Sir Bobby Charlton, Franz Beckenbauer, atau Frank Rijkaard. Melihat nama-nama tersebut, penghargaan ini jelas tak bisa dipandang sebelah mata dan Totti pun bersyukur bisa mendapatkannya.

“Saya berterima kasih pada presiden UEFA dan saya merasa terhormat dengan meraih penghargaan ini. Saya merasa bangga, terutama atas apa yang telah saya lakukan dalam 25 tahun karir saya selama ini dengan hanya mengenakan satu jersey saya,” jelas Totti.

Totti sendiri menjadi aktor penting dalam drawing Liga Champions 2017-2018 semalam di Monaco. Ia ditunjuk untuk menjadi ‘pengambil bola’ dalam undian tersebut dan menariknya Totti juga ‘menempatkan’ timnya ke dalam salah satu grup neraka bersama Chelsea, Atletico Madrid, dan Qarabag.

“Kami tahu bahwa kami memang harus menghadapi tim-tim kuat di Eropa. Diego Simeone dan Antonio Conte adalah dua pelatih top di Eropa, tapi kami akan mencoba membuat masalah besar bagi mereka. Tidak akan mudah bagi mereka untuk menghadapi Roma,” tutup Totti.

Dan berikut adalah daftar pemenang UEFA President’s Award:

1998: Jacques Delors (Prancis)

1999:

2000: Guy Roux (Prancis)

2001: Juan Santisteban (Spanyol)

2002: Sir Bobby Robson (Inggris)

2003: Paolo Maldini (Italia)

2004: Ernie Walker (Skotlandia)

2005: Frank Rijkaard (Belanda)

2006: Wilfried Straub (Jerman)

2007: Alfredo Di Stefano (Spanyol)

2008: Sir Bobby Charlton (Inggris)

2009: Eusebio (Portugal)

2010: Raymond Kopa (Prancis)

2011: Gianni Rivera (Italia)

2012: Franz Beckenbauer (Jerman)

2013: Johan Cruyff (Belanda)

2014: Josef Masopust (Republik Ceko)

2015:

2016:

2017: Francesco Totti (Italia)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here