CheEve4

Hasil Liga Inggris 2017 antara Chelsea vs Everton diakhiri dengan skor 2-0 untuk kemenangan tuan rumah di Stamford Bridge, Minggu (27/8). Skor Chelsea vs Everton ini seperti membuktikan bahwa sudah tidak ada masalah besar dalam tim asuhan Antonio Conte yang sempat diragukan kapabilitasnya setelah menelan kekalahan dari Burnley di pekan perdana. Sementara bagi Everton, kekalahan ini rasanya juga diakibatkan rasa lelah yang melanda pasca bermain melawan Hajduk Split tengah pekan kemarin di Europa League.

Chelsea memulai pertandingan dengan sangat bagus dalam hal mengalirkan bola ke lini pertahanan Everton. Willian dan Pedro serta Fabregas yang menjadi motor serangan tim bermain taktis dalam membangun serangan dan memaksa para pemain Everton lebih sering berkumpul di area permainan mereka sendiri. Sebuah peluang awal sempat didapat oleh Pedro ketika melakukan kerjasama satu-dua dengan Willian namun arah tembakannya masih tepat menuju Pickford.

CheEve3

Dominasi Chelsea yang sangat terasa memang membuat Everton begitu sulit untuk mengembangkan permainannya. Rooney dan Sigurdsson sama sekali tak bisa memberikan umpan bagus kepada Sandro yang benar-benar terisolasi di area pertahanan Chelsea. Sementara Davies dan Gueye pun lebih banyak membantu pertahanan dibanding menyokong serangan tim, pun demikian dengan Holgate dan Baines.

Segala kerja keras Chelsea pada akhirnya berbuah manis ketika pertandingan masuk menit 27. Kejelian Willian dalam melepas umpan pada Cesc Fabregas diikuti dengan kerjasama satu-dua antara dirinya dengan Morata. Fabregas terlihat sama sekali tidak melakukan sepakan keras ke gawang Pickford namun lebih kepada mengumpan bola ke dalam gawang jika melihat betapa mulusnya sepakan pelan namun akurat yang ia lepaskan ke sudut gawang Everton.

CheEve2

Situasi itu memaksa Everton keluar menyerang dan berimbas pada pertahanan mereka yang menjadi longgar. Ujungnya, Chelsea pun bisa menggandakan keunggulannya ketika babak pertama tersisa lima menit lagi. Kali ini giliran Alvaro Morata sendiri yang mengemas gol ketika tandukan kepalanya memanfaatkan umpan Azpilicueta sukses membuat jebakan offside yang coba dibangun pemain Everton menjadi sia-sia.

Masuknya Besic menggantikan Davies di awal babak kedua dimaksutkan Ronald Koeman untuk memberikan proteksi lebih terhadap lini pertahanan. Namun demikian Chelsea tetap saja bisa menemukan celah di pertahanan Everton dan setidaknya ada dua peluang bagus yang bisa mereka kemas ketika tembakan Pedro masih melebar dari gawang dan disusul usaha berikutnya dari Moses yang tepat ke pelukan Pickford.

CheEve5

Koeman lantas memasukkan Calvert-Lewin untuk mengisi tempat Sandro yang benar-benar tidak terlihat perannya di pertandingan ini. Sebuah pergantian yang jitu tentunya karena pergerakan Calvert-Lewin sukses beberapa kali membuka ruang di pertahanan Chelsea. Permainan Everton pun menjadi lebih berkembang setelahnya dan membuat Rudiger dkk di lini belakang sudah tidak bisa bermain nyaman lagi.

Pasca masuknya Calvert-Lewin, terlihat benar bahwa permainan Everton sudah membaik dan nyaris saja ada gol yang bisa mereka kemas melalui tandukan Williams ketika meneruskan umpan silang dari Sigurdsson. Beberapa saat kemudian giliran tembakan keras Gueye yang melayang tipis dari gawang Courtois meski sayangnya tetap tidak ada gol balasan yang bisa dikemas Everton di waktu yang tersisa.

CheEve1

Data Pertandingan:

Chelsea 2-0 Everton (Fabregas 27’, Morata 40’)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here