Japan's midfielder Yosuke Ideguchi (C) celebrates his goal during the group B World Cup 2018 qualifying football match between Japan and Australia in Saitama on August 31, 2017. / AFP PHOTO / Toru YAMANAKA

Hasil Pra Piala Dunia 2018 antara Jepang vs Australia pada Kamis (31/8) berakhir dengan skor 2-0. Gol Takuma Asano dan Yosuke Ideguchi di Saitama bukan hanya membawa Samurai Biru ke puncak klasemen Grup B semata. Tiga poin dalam laga ini resmi mengantarkan Jepang sebagai negara kedua dari Asia yang lolos ke Rusia.

Jepang yang dilatih oleh Vahid Halihodzic berhasil memenangi duel krusial di kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia melawan Australia. Memiliki penguasaan bola yang tidak sebanyak tim tamu, Samurai Biru tetap menampilkan permainan menawan dengan segudang peluang. Sebaliknya, Australia memang terlihat menguasai situasi jika melihat ball possession. Tetapi ancaman mereka untuk kiper Eiji Kawashiwa sangat minimal.

Jepang sendiri cukup berani dengan menempatkan Keisuke Honda, Gaku Shibasaki, dan Shinji Kagawa hanya duduk manis di bangku cadangan. Selain itu, Shinji Okazaki pun hanya diberi waktu bermain tiga menit terakhir. Toh Samurai Biru sudah menunjukkan ketajaman mereka sejak awal. Kick-off baru berjalan dua menit, mereka sudah nyaris unggul melalui tandukan Hiroki Sakai.

Hasil Pra Piala Dunia 2018 Jepang vs Australia 2-0 1

Kekuatan Jepang semakin menjadi ketika terjadi peluang Takashi Inui yang membentur pemain lawan, dan menggelinding di menit 12. Australia yang mudah ditembus, berusaha mengimbangi tuan rumah. Hal itu sempat terjadi selama 40 menit awal babak pertama. Tetapi kemudian, Takuma Asano memutuskan untuk mengantar gol pembuka. Lolos dari jebakan offside dia menjebol gawang Matthew Ryan. Skor 1-0 berlanjut hingga turun minum.

Menyaksikan mimpi Jepang ke Rusia semakin dekat, Australia mencoba peruntungan dengan menghadirkan Tomislav Juric dan Tim Cahill. Tetapi barisan depan tim tamu memang tidak sedang berada di hari yang baik. Mereka kesulitan menembus barikade pertahanan Jepang yang rapat. Bahkan di menit 82, Australia harus mengibarkan bendera putih. Ada Yosuke Ideguchi yang dari jarak 20 yard, mengirim tembakan mematikan untuk gol kedua timnya.

Dengan kemenangan 2-0 atas Australia ini, Jepang sekarang mengoleksi 20 poin. Jumlah ini tidak akan bisa dijangkau oleh siapapun di Grup A. Mengingat, Arab Saudi dan Australia saat ini sama-sama mengoleksi 16 poin, dan pertandingan tinggal tersisa satu lagi. Justru sekarang Australia yang di ujung tanduk, karena di laga pamungkas harus menumbangkan Thailand, sembari berharap Samurai Biru tidak main mata dengan Arab Saudi.

Gol: Takuma Asano 41, Yosuke Ideguchi 82

Australian players react to Japan's goal during the group B World Cup 2018 qualifying football match between Japan and Australia in Saitama on August 31, 2017. / AFP PHOTO / Toru YAMANAKA

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here