Loading...
Berita

Hasil Survey: JK, AHY, Anies Diunggulkan Jadi Cawapres


Survey elektabilitas Calon Presiden (Capres) masih belum bergerak di mana masih dipegang kuat oleh calon inkamben Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Meski demikian perebutan suara justru terjadi apabila nama-nama potensial dipertemukan apabila diusung sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres).


Menurut Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yudha pertarungan terjadi antara berbagai nama yang potensial seperti Jusuf Kalla, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Anies Baswedan, Gatot Nurmantyo, Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskndar (Cak Imin) dan Ridwan Kamil.


(baca: Hasil Survey Poltracking, Jokowi dan Prabowo Kandidat Terkuat Presiden RI)


“Pertarungannya adalah di Cawapresnya, siapa yang paling kontributif mendapatkan cawapres yang kuat,” ungkap Hanta di Kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (18/2/2018).


Berdasarkan survey yang dilakukan Poltracking, Jusuf Kalla sebagai calon inkamben masih memiliki perolehan suara yang tinggi. JK dapat meraih suara hingga 15,9%, disusul oleh Gatot Nurmantyo 7,9%, AHY 7,6%, Anies Baswedan 7,5%, Ridwan Kamil 6,1%, Cak Imin 5,2% dan Khofifah 4,4%.


Namun perolehan suara tersebut berubah ketika JK tidak masuk dalam bagian dari Cawapres. AHY memimpin dengn 12,4%, Anies Baswedan 12,1%, Gatot Nurmantyo 11,4%, Ridwan Kamil 10,4%, Cak Imin 7% dan Khofifah 5,5%.


Sehingga menurut Hanta dari berbagai kemungkinan, hanya tinggal Capres Jokowi dan Prabowo memilih Cawapresnya sesuai dengan kepentingannya antara elektabilitas dan kecocokan dalam memimpin.


“Tentu banyak pertimbangan untuk menentukan pasangan yang mendampingi sebagai Cawapres. Bisa dilihat dari segi elektabilitas untuk mendongkrak suara, atau kecocokan keduanya dalam memimpin. Atau bahkan yang lebih baik ketika bisa memenuhi kedua faktor tersebut,” pungkas dia. (nug)

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Sampaikan Pendapat

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.