Jadwal Drawing Liga Champion 2017-2018 Barca Mustahil Satu Grup vs PSG

Jadwal drawing Liga Champion 2017-2018 akan digelar pada Kamis, 24 Agustus malam hari. 32 tim dari seluruh Eropa sudah dipastikan lolos ke babak penyisihan grup dan tinggal menunggu undian. Namun tidak akan ada pertemuan Neymar dengan Barcelona di babak ini. Pasalnya klub baru Neymar, PSG, berada dalam satu pot yang sama dengan Barca.

Dalam aturan drawing Liga Champion, 32 tim yang masuk ke penyisihan grup akan terbagi ke dalam empat pot berbeda; yang masing-masing terdiri dari 8 tim. Penentuan pot ini didasarkan pada koefisien masing-masing klub di kompetisi Eropa, kecuali pot pertama yang terdiri dari delapan juara liga teratas di Eropa.

Pot 1 diisi mulai dari Liga Spanyol (Real Madrid), Liga Jerman (Bayern Munchen), Liga Inggris (Chelsea), Liga Italia (Juventus), Liga Prancis (AS Monaco), Liga Portugal (Benfica), Liga Rusia (Spartak Moscow) hingga Liga Ukraina (Shakhtar Donetsk).

Dari pembagian pot ini, seharusnya tim-tim di pot 1 akan mendapatkan keuntungan. Namun kenyataannya tidak. Pasalnya, Barcelona (Spanyol) dan PSG (Prancis) musim lalu merampungkan kompetisi sebagai runner-up. Otomatis, mereka masuk pot 2, dan akan menjadi batu sandungan terbesar bagi para tim yang ada di pot 1. Belum lagi Manchester United dan Manchester City yang ada di pot 2 pula.

Hasil Liga Champion Tadi Malam Liverpool vs Hoffenheim 4-2 u

Di sisi lain, keberadaan Barca dan PSG yang masuk pot sama, tidak memungkinkan keduanya bertemu di penyisihan grup seperti dua tahun lalu. Dua tim ini juga tidak akan bersua salah satu dari klub kota Manchester, Sevilla, Atletico Madrid, atau Borussia Dortmund yang tinggal di pot 2 pula.

Masalah lain bagi tim-tim di pot 1 bahkan pot 2 adalah keberadaan tim-tim tertentu di pot 3 yang bakal menyusahkan mereka. Ada Liverpool, Roma, Napoli, dan Tottenham yang bukan tidak mungkin akan keluar sebagai juara atau runner-up grup, karena mereka memiliki potensi tesebut.

Sebagai catatan, di babak penyisihan grup, tidak mungkin terjadi pertemuan antara dua tim dari liga yang sama. Maknanya, Liga Inggris yang memiliki lima wakil, akan menyaksikan tim-tim mereka tersebut terbagi dalam lima grup berbeda.
Secara lengkap, pembagian pot untuk drawing penyisihan grup Liga Champions adalah sebagai berikut ini.

Pot 1:Real Madrid (ESP), Bayern Munchen (GER), Juventus (ITA), Benfica (POR), Chelsea (ENG), Shakhtar Donetsk (UKR), Monaco (FRA), Spartak Moskow (RUS)

Pot 2: Barcelona (ESP), Atletico Madrid (ESP), Paris Saint-Germain (FRA), Borussia Dortmund (GER), Sevilla (ESP), Manchester City (ENG), Porto (POR), Manchester United (ENG)

Pot 3: Anderlecht (BEL), Basel (SUI), Besiktas (TUR), Napoli (ITA), Olympiakos (GRE), Roma (ITA), Tottenham (ENG), Liverpool (ENG)

Pot 4: Celtic (SCO), Maribor (SLO), Feyenoord (NED), RB Leipzig (GER), Apoel Nicosia (CYP), Qarabag FK (AZE), Sporting Lisbon (POR), CSKA Moskow (RUS)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here