pejalan kaki

Olahraga yang murah meriah dan memberi efek besar bagi kesehatan tubuh adalah jalan kaki. Tak perlu membayar mahal untuk jadi anggota gym, atau menyewa personal trainer. Cukup berjalan kaki rutin 15 menit setiap harinya, di sekitar rumah atau ke tempat kerja dan lokasi aktifitas lainnya.

Dilansir laman Times of India, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard mengungkap bahwa jalan kaki rutin seperempat jam tiap hari dapat membuat Anda panjang umur. Itu karena tubuh mendapatkan beberapa manfaat kesehatan yang sering tak diduga.

Apa saja manfaat dahsyat jalan kaki bagi tubuh dan kesehatan? Berikut informasinya:

Tulang kuat

Di usia 30-an tulang pada umumnya akan mulai menipis dan massa nya berkurang. Akibatnya Anda rentan mengalami masalah terkait tulang. Dengan jalan kaki rutin maka kepadatan tulang akan meningkat secara bertahap.

Bakar kalori

Jalan kaki adalah cara mudah membakar kalori dan membuang lemak tubuh. Dalam studi yang dilakukan University of Tennessee, diungkap bahwa lemak tubuh wanita yang rutin jalan kaki akan lebih sedikit dibanding wanita yang olahraga di gym. Terutama akan tampak di usia 40—66 tahun.

Mood boster

Peningkatan mood atau mood boster juga dapat terjadi dengan jalan kaki. Ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh American Psychological Association.

Kreatifitas meningkat

Dibanding duduk, berjalan kaki akan lebih banyak meningkatkan kreatifitas seseorang. Bagi Anda pekerja kreatif, perbanyaklah berjalan kaki.

Otak lebih tajam

Saat seseorang berjalan, maka terjadi koordinasi dan konektivitas yang lebih baik pada bagian yang berbeda dari otak. Ini membuat kesehatan otak lebih terjaga dan sehat.

Terhubung dengan alam

Berjalan kaki membuat Anda terhubung dengan alam, yang bermanfaat melepaskan depresi serta stres dan membuat tubuh rileks. Apalagi jika lokasi jalan kaki Anda sejuk, penuh pepohonan dan berudara segar. Semoga bermanfaat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here