Selain dijadwalkan turut dalam defile pada puncak HUT TNI Ke-72 di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, 5 Oktober mendatang. Dua unit panser Pandur II 8×8 APC yang memang punya kemampuan amfibi telah dipersiapkan untuk melakukan atraksi mengarungi bibir pantai dalam skema operasi amfibi. Guna mematangkan pengoperasian alutsista baru dari Republik Ceko tersebut, awak Pandur II 8×8 dalam beberapa hari ini giat melakukan latihan mengarungi perairan di sekitaran dermaga.


Menurut sumber penulis, nantinya Pandur II 8×8 bersama dengan tank amfibi Arisgator dan panser Anoa 2 6×6 Amphibious akan melakukan atraksi amfibi, bahkan ketiga ranpur yang disatukan dalam genre APC (Armoured Personnel Carrier) akan melakukan demo penembakkan sembari mengarung.


Bila di kabar sebelumnya Pandur II 8×8 akan dilengkapi SMB (Senapan Mesin Berat) RCWS kaliber 12,7 mm, maka karena persiapan yang mepet, panser produksi Excalibur Army tersebut untuk sementara dipasangi kubah milik Anoa. Jenis senjata yang digunakan bisa M2HB atau CIS 50MG. Sementara Arisgator akan menggunakan kubah semi terbuka dengan M2HB Browning.


Dari segi kapabilitas amfibi, Pandur II 8×8 dengan dukungan dua unit waterjet propeller dapat mengarung dengan kecepatan 10 km per jam. Tak lupa sebagai ranpur amfibi tulen, ada hatch cover pada bagian depan yang cukup tinggi untuk menahan gelombang.


Sumber : http://www.indomiliter.com/

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here