infeksi gusi

Peran gusi untuk kesehatan rongga mulut sangat besar, karena itu jika sampai terjadi infeksi maka Anda harus segera mengatasinya. Umumnya pemicu infeksi atau radang gusi adalah bakteri gingivitis yang jika dibiarkan dapat juga menyebabkan gigi berlubang.

Penyakit periodontal juga diawali dengan gingivitis, akibatnya gusi menjadi turun atau tertarik ke bawah dan menyebabkan akar gigi terlihat. Inilah yang sering membuat gigi jadi sensitif serta mudah ngilu.

Untuk bisa mencegah infeksi gusi berlarut-larut tanpa ditangani, Anda harus mengenali gejala awal yang akan terlihat jika gusi dan gigi Anda mengalami infeksi. Berikut ini beberapa diantaranya seperti dilansir laman Viva.co.id:

Merah dan bengkak

Gusi yang infeksi akan terlihat berubah warna menjadi lebih merah tua serta membengkak. Sementara jika gusi normal maka warnanya adalah merah muda dan tidak bengkak.

Mudah berdarah

Gusi juga akan sangat mudah berdarah jika Anda sedang menggosok gigi atau membersihkan gigi dengan flossing. Ini adalah tanda umum yang sering diabaikan oleh orang, bahwa gusi berdarah adalah tanda infeksi.

Nanah

Tak hanya bengkak, gusi juga dapat mengeluarkan nanah jika infeksi. Ini adalah tanda bahwa tubuh sedang melawan bakteri yang mengganggu.

Gigi goyang

Tanda lain adalah bahwa gigi akan terasa goyah dan mudah digerakkan. Ini akibat akarnya yang mulai longgar akibat gusinya tidak sehat.

Nafas bau

Nafas menjadi bau bukan saja akibat kurang menggosok gigi, namun juga akibat banyaknya bakteri dan infeksi di gusi.

Di beberapa kasus, akan terjadi pula gigi yang berubah sensitif dan mudah ngilu. Segeralah memeriksakan diri ke dokter gigi jika sudah terjadi seperti ini.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here