Jonas Folger Siap 'Guncang' MotoGP 2017, Podium GP Jerman Bukan Kebetulan (1)

Jonas Folger menegaskan bahwa keberhasilannya merebut podium GP Jerman bukanlah sebuah kebetulan belaka. Pebalap Yamaha Tech 3 itu siap unjuk kebolehan dengan bertarung di sisa kejuaraan pada putaran kedua nanti. Folger saat ini ada di peringkat ketujuh MotoGP 2017, menggeser Danilo Petrucci (Pramac Racing).

Sepanjang putaran pertama musim ini, Jonas Folger dapat dikatakan kalah pamor dari rekan setimnya di Tech 3, Johann Zarco. Pasalnya, Zarco langsung sensasional, bahkan merebut peringkat kedua di GP Le Mans yang ada di kandang sendiri. Zarco konsisten merebut poin besar dan kini duduk di posisi enam klasemen.

Sementara itu Folger belum pernah meraih podium, bahkan kemudian gagal finish di GP Assen. Cuma, keberuntungan dan kerja keras berpadu di Sachsenring pada Minggu (2/7) yang mengantarkan gelar runner-up GP Jerman untuknya, hanya berada di bawah Marc Marquez. Itupun dengan bertarung susah payah dengan sang juara bertahan.

Podium Folger sangat penting, bukan cuma karena ini pertama kalinya ia duduk di posisi itu dalam karier di MotoGP. Tetapi juga karena, dengan podium tersebut, Yamaha tidak terlalu tercoreng. Folger adalah pengemudi M1 terbaik di GP Jerman, mengingat Maverick Vinales ada di urutan empat, Valentino Rossi kelima, dan Zarco malah nomor sembilan.

Jonas Folger Siap 'Guncang' MotoGP 2017, Podium GP Jerman Bukan Kebetulan (2)

Tentang pencapaiannya ini Folger mengungkapkan kepada Motorsport.com, “Saya ingin membuktikan kerja yang sudah dilakukan;- bahwa saya tidak hanya cepat dalam sesi latihan bebas; dan sekadar bisa mendapatkan satu atau dua hasil yang baik di tengah hujan (yang pemenangnya susah ditebak).”

“Saya [membuktikan] juga saya bisa menjadi tangguh pada akhir pekan seperti ini (di GP Sachsenring), kala saya mendapatkan banyak tekanan di balapan kandang, nyatanya  saya bisa tetap tenang dan mengubah tekanan menjadi sesuatu yang positif. Bahwa ternyata, saya bisa menjadi pebalap yang tangguh.”

Lalu, apakah GP Jerman adalah puncak penampilan Jonas Folger? Sang pebalap Jerman tentu tidak mau berkata seperti itu. Oleh karenanya, menjelang putaran kedua MotoGP 2017 ia menyampaikan nada optimis, “Saya percaya, masih banyak hasil apik yang akan segera tiba.”

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here