Jorge Lorenzo Calon Juara MotoGP 2018, Klaim Bos Dorna! (2)

Jorge Lorenzo bakal menjadi calon juara MotoGP 2018. Demikian keyakinan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta. Memang, sepanjang musim ini Lorenzo tampil kurang meyakinkan; bahkan baru menorehkan dua podium. Namun, Ezepeleta melihat ada perkembangan signifikan X-Fuera di Ducati; yang membuat potensinya bakal ‘meledak’ musim depan.

Musim ini, di tahun perdana bersama Ducati, prestasi Jorge Lorenzo tenggelam. Hingga tersisa empat race lagi, sang pebalap Spanyol masih terpatri di peringkat ketujuh klasemen MotoGP 2017. Ia belum pernah meraih kemenangan dalam satu race pun. Prestasi tertinggi adalah menjadi juara ketiga di Jerez dan Aragon.

Prestasi Lorenzo ini sangat jauh ketika ia mendulang sekian kesuksesan dalam sembilan tahun di Yamaha. Oleh karenanya, banyak yang menduga, X-Fuera terlalu memaksakan diri. Dia salah memilih tim, karena bagaimanapun Ducati punya karakteristik berbeda dari Yamaha.

Namun, Carmelo Ezpeleta punya pendapat berbeda. Dia menilai, perkembangan Lorenzo cukup meyakinkan. Terutama dalam putaran kedua musim ini, X-Fuera memang sering berada di barisan terdepan balapan; meski kemudian sering terkendala oleh faktor adaptasinya yang belum sempurna dengan motor Desmosedici GP17 milik Ducati.

Jorge Lorenzo Calon Juara MotoGP 2018, Klaim Bos Dorna! (1)

Terakhir, di GP Aragon, Jorge Lorenzo bahkan memimpin lomba sampai tujuh lap terakhir, ketika akhirnya Marc Marquez dan Dani Pedrosa, duo Repsol Honda, menyalipnya. Bagi Ezpeleta, kejadian-kejadian ini sudah cukup menunjukkan kapasitas Lorenzo; yang bakal lebih istimewa lagi setelah setahun berada di Ducati.

Kepada Motorsport.com, Ezpeleta menuturkan, “Saya yakin Jorge bakal (berpotensi) memenangkan kejuaraan tahun depan.”

“Tidak ada keraguan bahwa seluruh elemen Ducati senang memiliki pebalap seperti dirinya. Saya rasa Lorenzo terus membaik, dia telah memimpin beberapa balapan dalam sekian lap. Memang benar bahwa dia masih perlu lebih memahami Ducati dan faktor ban, tapi Jorge melakukannya selangkah demi selangkah.”

Seri kelimabelas MotoGP 2017 sendiri akan terjadi di GP Motegi Jepang pada 17 Oktober mendatang. Sejauh apa adaptasi Jorge Lorenzo, akan kembali dites di sana.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here