nasi basi

Jika nasi yang dimasak pulen dan enak, maka lauk pauk sederhana sekalipun akan terasa lezat. Apalagi karena Indonesia dikenal sebagai negara yang makanan pokoknya nasi. Jika belum makan nasi maka seperti belum makan rasanya.

Namun jika proses memasak kurang tepat, nasi akan mudah basi dan menguning, atau lembek serta tak sedap. Apa saja kesalahan dalam menanak nasi yang perlu dihindari tersebut? simak yuk berikut ini dikutip dari laman Mashed, Jumat (2/7/2017):

Rice cooker, cepat basi

Alat masak modern memang sangat banyak memberi kemudahan bagi kehidupan. Salah satunya adalah rice cooker. Menanak nasi jadi cepat dan praktis, namun juga mudah basi dan kadang lembek serta bau tak sedap. Lebih awet dan enak jika nasi dimasak memakai kukusan tradisional dengan panci biasa.

Kurang bersih mencuci berasnya

Mencuci beras dengan baik juga membuat hasil jadinya lebih tahan lama dan enak, tidak mudah basi. Diketahui bahwa beras melewati berbagai proses pengolahan yang dapat membuatnya terkontaminasi kotoran, zat kimia, dan kuman. Karena itu sebelum memasak, usahakan cuci hingga beberapa kali agar kotoran tersebut hilang.

Api terlalu panas

Api ukuran sedang adalah yang terbaik untuk memasak nasi, sehingga teksturnya tidak rusak dan kandungan zat bermanfaatnya tidak banyak rusak. Dengan demikian nasi akan lebih awet dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Jangan buka tutupnya

Saat sedang dalam proses memasak, jangan buka tutup panci atau rice cooker berkali-kali. Ini akan menurunkan suhu secara tiba-tiba, dan mempengaruhi hasil masakan. Selain itu, uap air yang ada pun hilang dan membuat tekstur nasi jadi keras. Biarkan nasi matang yang biasanya memakan waktu hingga ¾ jam, sebelum membuka tutupnya. Semoga bermanfaat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here