makan buah

Pagi hari adalah saat perut sedang dalam kondisi kosong, dan siap menerima makanan sehat yang akan langsung didistribusikan ke seluruh tubuh untuk berbagai kepentingan. Buah merupakan saran utama untuk Anda yang sedang lapar di pagi hari, bukan makanan lain seperti nasi uduk atau gorengan misalnya.

Mengapa buah? Karena saat perut sedang kosong dan buah menjadi pengisinya maka ia akan bertindak juga sebagai pembersih atau membantu proses detoksifikasi. Tak hanya itu, buah juga mengandung sumber energi yang baik bagi suplai energi di pagi hari.

Dilansir laman Boldsky, sarapan buah pun dianjurkan bagi Anda yang sedang diet ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal.

Manfaat kesehatan dan kecantikan juga akan banyak Anda peroleh, jika membiasakan mengonsumsi buah di saat perut sedang kosong pagi hari. Sebaiknya tunggu minimal 30 menit setelah makan buah jika Anda hendak makan hidangan lain yang bukan jenis buah.

Mengapa? Sebab jika buah dikonsumsi berbarengan dengan hidangan lain maka efeknya akan kurang baik. Perut akan banyak menghasilkan gas dan menimbulkan kembung. Proses cerna makanan lain pun akan terganggu dan tidak optimal dalam penyerapan nutrisinya.

Berikut ini beberapa jenis buah yang disarankan untuk dikonsumsi saat perut sedang kosong, seperti dikutip dari laman Boldsky:

Buah apel

Apel kaya antioksidan, juga flavonoid dan vitamin C serta serat. Konsumsi secara rutin buah ini akan membuat kesehatan usus lebih terjaga, risiko kanker usus jauh, jantung sehat, dan terhindar dari stroke.

Buah strawberi

Karena asam, Anda bisa mengonsumsi strawberi dengan campuran beberapa jenis buah lain yang bercita rasa manis. Buah berwarna merah ini kaya antioksidan, vitamin C, dan dapat menghilangkan efek buruk radikal bebas.

Jeruk

Jus jeruk adalah minuman lezat yang dapat Anda konsumsi pagi hari. Walau banyak yang menyarankan lemon dengan tambahan air hangat, namun Anda bisa menggunakan jeruk jenis apapun yang manis dan lezat.

Jambu biji

Buah ini pun lezat jika dikonsumsi dalam bentuk jus jambu. Rasa manisnya adalah sumber energi yang baik bagi kesehatan tubuh, sedang vitamin C nya bermanfaat bagi kesehatan kulit dan juga sel-sel tubuh lainnya.

Selamat mencoba.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here