Namanya Jenderal M Jusuf yang dikenal sebagai sosok Panglima yang begitu dekat dengan para prajurit TNI. Beliau menjabat sebagai Menteri Pertahanan Keamanan/Panglima TNI di tahun 1978-1983.

Dia merupakan sosok jenderal yang dikenal sangat suka blusukan untuk menemui para prajuritnya secara langsung di barak. Dia juga mengecek langsung kondisi rumah-rumah prajurit, jika tak layak langsung diperbaiki. Bagi Jenderal M Jusuf, kesejahteraan dari prajuritnya adalah hal yang utama. Tidak heran jika beliau begitu mencintai dan mengasihi para prajuritnya.

Hal tersebut diceritakan oleh wartawan senior Atmadji Sumarkidjo yang tertera dalam buku Jenderal Jusuf Panglima Para Prajurit terbitan Kata Hasta Pustaka di tahun 2006.

Bahkan, saat sidak pun Jenderal M Jusuf sering menanyakan hal peribadi. Contohnya saja pertanyaan ‘punya anak berapa?’ atau ‘cukupkah jatah berat satu bulan?’ dan lainnya, hal itu menjadi perhatian yang tersendiri bagi Jenderal Jusuf.

Dan terkadang beliau juga memberikan pertanyaan yang membuat para prajurit muda malu-malu. Contohnya saja kepada prajurit muda Jenderal bintang empat itu bertanya,

“Apa kamu sudah punya pacar?” tanya Jenderal Jusuf pada seorang prajurit muda yang usai menjalani latihan Raider


Dan sang prajurit agak ragu dan beberapa saat kemudian menjawab,

“Siap! Sudah punya,” jawab si prajurit muda.

Dan berita mengenai Panglima yang bertanya soal pacar ini segera menyebar ke barak lainnya. Para prajurit sudah mempersiapkan diri jika misalnya akan ditanya Jenderal Jusuf dengan pertanyaan serupa. Namun, di barak lainnya Jenderal melontarkan pertanyaan yang membuat prajurit jadi gugup.

Awal pertanyaanya masih sama apakah sudah punya pacar dan sang prajurit mengaku sudah. Namun selanjutnya beliau bertanya seperti ini,

“Apa kamu sudah pegang-pegang dia?” tanya Jenderal Jusuf.

Lalu si prajurit menjawab. “siap! Sudah Jenderal!” jawabnya

Lalu Jenderal bertanya lagi,

“Apanya yang kamu pegang?” cecar Jenderal Jusuf lagi.

Jenderal Jusuf lalu bertanya pada prajurit lainnya. Dan pertanyanya tak terduga dan beda dari sebelum-sebelumnya.

“Apa kamu sudah cium pacarmu?”

“Siap! Anu, siap pipinya, Jenderal!” jawabnya dengan keras. Maksudnya prajurit itu mencium pipi pacarnya. Lagi-lagi hadirin tertawa.

Dan rata-rata dari prajurit yang ditanya tak bisa berbohong dihadapan beliau. Jenderal Jusuf ini selalu menyampaikan nasihat baik dan petuah agar para prajuritnya tidak merokok. Selain itu dia juga berpesan agar para perwira tidak pernah memakan uang tender proyek atau menunjuk keluarga untuk menjalankan proyek TNI. Jangan sampai prajurit menjadi korban atasnya karena korupsi. Jika ketahuan, Jenderal Jusuf akan sangat marah.

Dan tidak ada orang yang berani bermain-main dengan ketegasan yan dimiliki sosok pemimpn welas asih seperti Jenderal M Jusuf.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here