uban

Uban atau rambut yang memutih terjadi karena berkurangnya produksi zat melanin di rambut. Sebenarnya kondisi itu adalah normal dan terjadi pada hampir semua orang, seiring bertambah senjanya usia. Namun untuk kaum muda yang sudah beruban, bisa jadi Anda sedang mengalami kekurangan vitamin tertentu.

Jika benar demikian, maka sebaiknya segera penuhi kebutuhan vitamin tersebut agar pertumbuhan rambut dan warnanya dapat kembali normal. Dilansir laman Step to Health, berikut ini beberapa jenis vitamin yang jika tubuh kurang mendapat asupannya maka rambut dapat berubah warna jadi putih:

Vitamin B5

Vitamin ini kerap disebut juga asam pantotenat. Ia berperan dalam proses pembentukan antibodi serta meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Jika kurang vitamin B5 maka luka akan lama sembuhnya dan rambut akan berubah warna menjadi putih. Anda bisa peroleh vitamin tersebut dari hati ayam, hati sapi, kuning telur, brokoli dan alpukad.

Vitamin B1

Nama lainnya adalah tiamin, yang berfungsi untuk melancarkan sistem metabolisme lemak. Ia juga mendukung perbaikan fungsi saraf serta mempertahankan warna hitam pada rambut. Anda bisa peroleh vitamin B1 dari jenis makanan seperti jagung, asparagus, kacang-kacangan dan biji bunga matahari.

Vitamin B12

Tak hanya membantu produksi melanin dan menghitamkan rambut, vitamin ini juga baik bagi lancarnya metabolisme. Anda bisa peroleh dari jenis makanan semacam daging sapi, ikan, daging ayam, wortel dan brokoli.

Apabila Anda mulai merasa bahwa warna rambut mulai pudar dan tumbuh uban, maka perbanyak konsumsi beberapa jenis makanan tersebut di atas atau konsumsi suplemen tambahannya.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here