Home / Sports / MotoGP / Marc Marquez Siap Saingi Rekor Podium Legenda MotoGP, Max Biaggi

Marc Marquez Siap Saingi Rekor Podium Legenda MotoGP, Max Biaggi

Klasemen MotoGP 2017 Terbaru Marquez ke Puncak, Dovizisio Tiga Besar

Marc Marquez punya misi lain menjelang GP Austria yang digelar pada Minggu (13/2) mendatang. Baby Alien bukan sekadar membidik 25 poin untuk menambah catatan kemenangannya musim ini. Jika bisa meraih podium di Red Bull Ring, maka Marquez akan menyamai rekor Max Biaggi.

Sebelumnya, akhir pekan lalu Marc Marquez membuat semua mata terpana. Ketika para pebalap lain kesulitan menaklukkan Sirkuit Brno, Baby Alien dengan mulus mendapatkan kemenangan ketiganya musim ini. Hal yang cukup untuk mendongkrak perolehan poinnya menjadi 154 angka.

Tidak kalah penting, Marquez sukses mengkapitalisasi hasil buruk yang didapatkan para pesaing. Kini jaraknya dari Maverick Vinales yang ada di posisi runner-up sementara, melebar jadi 14 angka. Tapi ada yang lebih spesial. Kemenangan di GP Ceko adalah podium ke-57 dalam perjalanan lima tahun Marquez di ajang kelas tertinggi MotoGP.

Baca Juga:  Jonas Folger: Raih Podium Pertama Kali? Saya Harusnya Kalahkan Marquez!

Jika dibuat rincian, maka 57 podium ini dibagi menjadi 32 kemenangan race, 17 kali finis urutan kedua, dan delapan kali finis ketiga. Atau dapat dikatakan, Marquez punya persentase meraih juara yang sangat tinggi ketika memastikan masuk podium. Lalu, menariknya jika dibandingkan dengan legenda Max Biaggi, Marquez tinggal seujung kuku.

Hasil Kualifikasi MotoGP Assen 2017 Johann Zarco Pole, Marquez Kedua! 2

Sang pebalap Spanyol hanya berjarak satu podium dari Biaggi. Total, sepanjang karier cemerlangnya, Max Biaggi ‘hanya’ mendapatkan 58 kali podium. Ia meraih 13 kemenangan –yang artinya kurang dari setengah koleksi kemenangan Marquez—. Ditambah dengan 26 kali finis kedua, dan 19 kali masuk podium di urutan paling belakang alias nomor tiga.

Namun, andai menyamai Max Biaggi di GP Austria mendatang, perjalanan Marc Marquez masih sangat panjang. Pasalnya, saingan terberatnya tentu saja Valentino Rossi yang total dalam kariernya yang begitu jauh memiliki 189 kali podium (89 kemenangan, 57 kali runnner-up, dan 43 kali finis ketiga).

Baca Juga:  ‘Nafsu Menang’ Jadi Kunci Valentino Rossi Bertahan di MotoGP

Bahkan, Marquez masih belum mampu mengejar pencapaian yang didapatkan oleh Dani Pedrosa rekan setimnya di Repsol Honda. Sang senior memiliki koleksi 109 podium. Di bawahnya masih ada senior Marquez lainnya, Jorge Lorenzo yang mengumpulkan 108 podium.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

About Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Sampaikan Pendapat

%d bloggers like this: