Microsoft Paint

Dihentikannya dukungan terhadap aplikasi grafis Microsoft Paint memang sempat mengejutkan pengguna Windows. Banyak yang menduga bahawa aplikasi Paint memang dipensiunkan oleh Microsoft dan digantikan oleh Paint 3D. Belum lama ini Microsoft angkat bicara mengenai nasib Paint. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa Paint belum pensiun dan akan tetap ada.

“MS Paint ada di sini untuk tinggal, hanya akan ada rumah baru segera, di Windows Store yang akan tersedia secara gratis. Paint 3D – aplikasi baru untuk kreativitas, juga tersedia secara gratis dengan Windows 10 Creator Update, akan Terus mendapatkan update fitur baru.”

“Selain kemampuan 3D baru, banyak fitur MS Paint yang diketahui dan disukai orang seperti alat editing foto, garis dan kurva, dan ciptaan 2D ada di Paint 3D,” keterangan resmi Microsoft.

Seperti yang Sidomi News ulas sebelumnya, aplikasi grafis sederhana Paint ini pertama kali dirilis pada tahun 1985 atau saat Windows 1.0 dirilis. Kemampuan Microsoft Paint saat itu masih terbatas pada gambar monokrom dan hanya dapat menyimpan file bitmap. Microsoft Paint dapat menyimpan file dalam bentuk JPG saat sistem operasi Windows 98 dirilis.

Selain sebagai aplikasi grafis sederhana, Microsoft Paint ternyata memiliki fungsi lain yang digemari oleh pengguna Windows, yakni menyimpan screenshot. Pengguna dapat memencet tombol print screen dan melakukan paste di Microsoft Paint untuk menyimpan screenshot. Namun, sejak kehadiran Snipping Tool, Microsoft Paint tidak lagi dianggap praktis.

Pengembangan dan dukungan Microsoft Paint telah berakhir. Namun, Microsoft telah menghadirkan penerusnya, yakni Paint 3D yang telah hadir di Windows 10 sejak Creators Update dirilis. Belum diketahui sejauh apa kemampuan aplikasi Paint 3D tersebut.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here