Sophia Latjuba

Sophia Latjuba masih terlihat sehat dan bugar serta cantik walau usianya sudah menginjak 47 tahun. Ternyata rahasianya adalah gaya hidup sehat serta pola makan yang ia terapkan setiap hari. Sophia mengaku menerapkan diet vegan untuk menjaga kondisi tubuhnya tersebut.

Apa itu diet vegan? Yaitu pola makan yang hanya mengonsumsi berbagai jenis sayur dan buah saja, tanpa ada protein hewani dalam menunya. Jadi ia tak lagi mengonsumsi telur, susu hewani, keju, ayam, daging apalagi ikan.

Diet ini umumnya diterapkan oleh mereka yang selama ini berantakan pola makannya, sehingga bisa memperoleh keuntungan seperti pinggang yang lebih kecil, berat badan turun, kadar gula stabil, dan kesehatan meningkat.

Dilansir laman healthline.com, ada beberapa jenis vegan diet yang banyak diterapkan belakangan ini. Antara lain adalah:

Whole-food vegan diet

Makanan yang dikonsumsi hanyalah yang berasal dari nabati saja, semisal sayur, buah, biji-bijian, kacang polong, dan susu nabati. Masih boleh dimasak dan dikonsumsi dalam kondisi matang.

Raw-food vegan diet

Hanya buah dan sayur mentah saja yang dikonsumsi, atau dimasak dengan suhu dibawah 48 derajat celsius. Namun boleh diolah menjadi jus atau salad.

Diet vegan 80/10/10

Ini lebih ekstrim karena hanya makan buah mentah dan sayur mentah yang rendah lemak. Jadi alpukat dan kacang yang kaya lemak dibatasi asupannya. Umumnya disebut juga diet vegan rendah lemak.

The starch solution

Pelaku diet ini menghindari makanan yang mengandung pati, semisal kentang, nasi dan jagung yang dimasak maupun mentah. Hanya konsumsi makanan rendah lemak dari buah dan sayur.

Raw till 4

Hanya makan makanan mentah sampai jam 4 sore. Makan selanjutnya boleh dimasak namun masih tetap buah dan sayur saja.

Jika Anda ingin terlihat langsing atau bahkan kurus, diet ini memang sangat membantu.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here