jus kemasan

Maraknya jus buah kemasan bikinan pabrik di pasaran membuat banyak konsumen memilih membeli dan mengonsumsinya dengan alasan lebih praktis. Namun apakah meminum jus buah tersebut bisa menyehatkan dan sama manfaatnya seperti kita meminum jus buah segar?

Jus kemasan bertahan lama, tapi butuh proses. Vitamin dan serat alami di dalamnya bisa rusak. Buah asli yang diproses, fitokemikalnya juga hilang,” jelas Spesialis Gizi Klinis dr Fiastuti Witjaksono MSc Ms SpGK, seperti dilansir laman okezone.com, Kamis (13/7/2017).

Jadi walau tertulis di labelnya bahwa ada kandungan vitamin dan serat asli, namun kemungkinan besar semuanya sudah rusak pada proses pembuatan dan pengawetannya.

Jika pun diberi tambahan oleh pabrik, maka bisa dipastikan itu bukan yang alami. Khasiat dan manfaatnya pun tentu tidak sama seperti pada buah asli yang diolah sendiri menjadi jus dan langsung diminum.

Dokter Fiastuti pun menyarankan agar saat mengolah jus dengan juicer, serat yang bermanfaat itu jangan dibuang. Justru serat itu dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pencernaan.

“Yang benar adalah minum jus yang diblender dan langsung diminum saat baru diproses. Seratnya dapat, begitu juga dengan vitamin dan mineral,” tandas dia.

Jus kemasan malah sudah mendapat tambahan pemanis buatan yang menyebabkan rasanya jauh lebih manis dibanding jus buah segar. Ini pun bisa meningkatkan kadar gula darah, dan tak disarankan bagi penderita diabetes.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here