Loading...
MotoGP Uncategorized

Palembang Serius Jadi Tuan Rumah MotoGP 2018

Hasil MotoGP 2017 GP Jerez Spanyol Dani Pedrosa Juara, Marc Marquez Runner-Up

Palembang serius menjadi tuan rumah MotoGP 2018. Meskipun sempat diragukan karena belum adanya kabar terbaru, sementara sirkuit-sirkuit lain di dunia juga terus mempersiapkan diri, kini ada titik terang. Menurut Sekretaris Menpora (Sesmenpora), Gatot S. Dewa Broto, persiapan Palembang sejauh ini sudah mencapai 90 persen. Mungkinkah balapan GP Indonesia benar-benar bisa digelar tahun depan?

Jika melihat kalender MotoGP 2018 mendatang, nama Grand Prix Indonesia belum tercantum. Sejauh ini sudah ada 17 Grand Prix yang mengikat kontrak, termasuk di antaranya GP Qatar. Sementara dua GP lainnya, GP Spanyol di Jerez dan GP Austria baru mendapatkan kontrak di tahun 2017, dan kontrak untuk tahun depan masih dalam perkembangan.

Musim ini, ada 18 grand prix yang digelar; sementara musim depan mungkin saja angkanya bisa membengkak jadi 20. Satu yang pasti, akan ada tambahan GP Finlandia di Kymi Ring. Yang sekarang menjadi pertanyaan, apakah Indonesia memang sudah siap untuk menggelar grand prix untuk ajang selevel MotoGP atau tidak, dengan waktu yang cukup terbatas.

Soal hal ini, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, dikutip dari CNN Indonesia mengisahkan pembicaraan dengan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. Dari pembicaraan tersebut, terungkap jika Palembang memang benar-benar serius.

Valentino Rossi Kepada Johann Zarco Ini MotoGP Bung, Bukan Moto2! (2)

“Saya sempat bicara sama Pak Alex. Saya tanya, ‘Pak Alex, saya banyak ditanya rekan-rekan media masalah MotoGP. Serius tidak sih Bapak (menggelar GP Indonesia)?’ (Alex menjawab) ‘Oh serius, Pak Gatot. Kalau sekarang saya berani mengatakan oke, hampir 90 persen jalan.”

Ditambahkan oleh Gatot, GP Indonesia yang digelar di Palembang, kemungkinan bisa digelar setelah Asian Games 2018 selesai atau sekitar November 2018 di Jakabaring. Meskipun demikian, hingga saat ini belum ada tanggal pasti kapan ajang yang memungkinkan rakyat Indonesia melihat Valentino Rossi dan Marc Marquez secara langsung tersebut dimainkan.

Kata Gatot, “Pokoknya jawabannnya, dia (Alex Noerdin) sudah mengatakan oke. Hanya ada beberapa hal yang tidak bisa saya kemukakan karena beliau mengirim surat [resmi] kepada Kemenpora.”

“Mulai 2018 (gelaran GP Indonesia) itu sudah bisa. Pokoknya jawaban beliau sudah tidak ada masalah.”

Nah, mungkinkah kali ini mimpi Indonesia jadi tuan rumah MotoGP benar-benar terwujud?

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Sampaikan Pendapat

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.