Vieira

Mantan kapten Arsenal, Patrick Vieira, menilai bahwa tim yang dimiliki Arsene Wenger saat ini sebenarnya jauh lebih bagus daripada tim yang menyandang predikat tak terkalahkan pada musim 2003-2004 lalu. Sayangnya, sejauh ini Wenger belum bisa menemukan formula kemenangan untuk bisa membuat timnya berkibar dan terbaru mereka malah dihabisi Liverpool dengan skor 4-0.

Bagaimana Arsenal bermain akhir-akhir ini memang selalu mengundang kekecewaan dari suporternya. Benar bahwa mereka sempat menang di pekan pertama, namun kemenangan atas Leicester City diraih dengan cara yang tidak meyakinkan. Performa tidak bagus itu kemudian terbukti menghasilkan situasi buruk ketika mereka dikalahkan Stoke City dan Liverpool di dua pertandingan berikutnya.

Padahal, dalam skuad Arsenal saat ini terdapat nama-nama seperti Mesut Ozil, Alexis Sanchez, Olivier Giroud, Alexandre Lacazette, Petr Cech, atau Laurent Koscielny. Nama-nama tersebut dianggap Vieira jauh lebih baik dibanding ia dan rekan-rekan setimnya yang sempat menggoreskan sejarah tak terkalahkan selama semusim dan meraih gelar juara. Menjadi menarik karena itu adalah gelar liga terakhir Arsenal sebelum menjalani ‘masa puasa’ sampai sekarang ini.

“Tim Arsenal saat ini jelas ingin memenangi pertandingan. Kamu tidak bisa pergi ke lapangan dan berpikir untuk kalah. Perbedaan dibanding pemain di era saya dahulu barangkali hanyalah dalam hal karakteristik saja. Saya tidak berkata bahwa generasi saya dahulu lebih baik dari sekarang karena menjadi tidak masuk akal untuk membandingkan dua generasi yang berbeda. Kualitas pemain yang ada pun juga sudah berbeda,” jelas Vieira.

“Di era saya dahulu, tim kami dipenuhi pemain yang lebih mengandalkan fisik. Tapi sekarang, para pemain yang ada lebih berteknik tinggi dan Arsenal masih harus mencari penyeimbangnya. Saya sangat menikmati bagaimana Arsenal bermain saat ini karena mereka memang memainkan sepakbola yang bagus. Tapi main bagus saja tidak cukup untuk membuatmu menang. Di era saya, terkadang kami tidak main bagus tapi masih bisa menang meski hanya dengan skor 1-0.”

“Arsene masih perlu mencari penyebab kenapa ketika timnya main bagus tapi tidak bisa menang. Arsenal perlu menyeimbangkan antara kemampuan atau skill para pemainnya yang bagus dengan karakter kuat ketika bermain atau mencari pemain yang ngotot.”

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here