garam

Isu adanya garam dapur yang dicampur pecahan kaca cukup meresahkan netizen dari kalangan ibu-ibu. Apalagi kelangkaan garam di pasaran yang berlaku seiring dengan naiknya harga bumbu dapur tersebut, makin menambah resah kalangan ibu rumah tangga.

Beredar pula video dan foto-foto yang meyakinkan tentang adanya bubuk kaca dalam campuran garam di media sosial. Isu ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja, sebab sudah pasti meresahkan konsumen.

infogaram

Karenanya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya merespon dan angkat bicara terkait hal tersebut. Dalam penjelasannya, BPOM menyebut bahwa video dan kabar garam bercampur kaca adalah hoax.

Dalam website resminya: pom.go.id, terdapat penjelasan tentang struktur garam. Garam dapur beryodium terdiri dari senyawa kimia Natrium Klorida (NaCl). Pada proses kristalisasi pembuatan garam, dihasilkan bentuk kubus kecil yang jika dihaluskan maka kristal akan pecah menyerupai pecahan kaca.

BPOM sendiri sudah melakukan uji lapangan terhadap beberapa sampel garam di pasaran, dengan merek berbeda. Terutama lagi adalah merek yang disebut-sebut sebagai mengandung pecahan kaca.

Hasil uji laboratorium itu menunjukkan bahwa tak ada campuran kaca atau tawas seperti yang diisukan di media sosial. Semua isinya adalah garam laut asli Natrium Klorida (NaCl).

Selain itu, konsumen juga disarankan untuk cerdas dengan melakukan cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) jika hendak membeli berbagai produk obat dan makanan.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here