bandara pemeriksaan

Ada prosedur pemeriksaan khusus yang diberlakukan bagi calon penumpang pesawat terbang, sebelum ia masuk ke ruang tunggu bandara dan pesawat. Prosedur tersebut dibuat oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara, bukan oleh petugas Aviation Security yang berjaga. Para petugas tersebut hanya menjalankan tugas sehingga diharapkan penumpang pun mematuhi dengan rela.

Belajar dari kasus seorang wanita di Bandara Sam Ratulangi Manado yang marah karena harus menjalani prosedur dan enggan melepas jam tangannya saat melewati pintu metal detector, kita perlu tahu tata cara pemeriksaan yang umum dilakukan di bandara.

Kewajiban pemeriksaan di bandara diatur dalam ketentuan perundangan Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

Tidak hanya calon penumpang yang harus menjalaninya, namun semua personel pesawat udara bagasi kargo dan pos juga. “Wajib bagi seluruh penumpang untuk menaati aturan ini,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: SKEP/2765/XII/2010 juga menjelaskan tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan Penumpang, Personel Pesawat Udara, dan Barang Bawaan Yang Diangkut Dengan Pesawat Udara dan Orang Perseorangan.

Semua harus dipatuhi demi keselamatan bersama. Berikut ini tata caranya, seperti dilansir oleh Twitter resmi Dirjen Perhubungan Udara:

Security check point 1:

-Di Security Check Point ini terdapat alat pemeriksaan keamanan, yaitu Gawang Detektor Logam & X-ray Conveyor Belt.

– Setiap penumpang & personel pesawat udara wajib melepas wajib melepas mantel, jaket, topi, dan barang-barang yang mengandung unsur logam.

– Barang-barang tersebut kemudian diletakan kedalam tas atau wadah (tray) yang disediakan dan diperiksa melalui mesin x-ray oleh Avsec.

– Personel keamanan bandar udara (Avsec) bertugas sebagai pengatur arus masuk penumpang, personel pesawat udara serta barang bawaan.

– Apabila alarm gawang detektor logam berbunyi, petugas keamanan bandar udara (AVSEC) berhak untuk kembali memeriksa barang bawaan.

– Avsec berhak meminta penumpang / personel pesawat mengulang pemeriksaan melalui gawang detektor logam & pemeriksaan manual menyeluruh

– Setiap orang wajib melepas mantel, jaket, topi, ikat pinggang dan barang yang mengandung unsur logam saat di SCP.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here