Pesawat tempur Typhoon Angkatan Udara Kerajaan Arab Saudi (Royal Saudi Air Force – RSAF) jatuh di provinsi Abyan, Yaman selatan, Yaman, menewaskan pilotnya.Pesawat tempur tersebut tengah dalam sebuah misi melawan pemberontak Houthi diatas Yaman, menabrak sebuah gunung di distrik Al Wade’a pada tanggal 13 September 2017.


Pilot yang diidentifikasi sebagai Mahna al-Biz, tewas dalam insiden yang menyusul salah satu pilot UEA, yang juga dilaporkan tewas dalam kecelakaan lain di Yaman pekan lalu, kata kantor berita Saba Yaman.


Menurut laporan pertama (yang belum dikonfirmasi) di jejaring sosial, pesawat mengalami kegagalan teknis ketika menjalani misi CAS (Close Air Support).


Dengan kode Operation Decisive Storm, perang udara Arab Saudi di Yaman dimulai pada tahun 2015 dengan tujuan untuk melawan serangan Houthi terhadap Aden, ibu kota sementara dari pemerintah Yaman yang diakui secara internasional (namun tengah diperebutkan di dalam negeri).


Pesawat tempur dari Arab Saudi, Mesir, Maroko, Yordania, Sudan, Uni Emirat Arab, Kuwait, Qatar, dan Bahrain turut ambil bagian dalam operasi tersebut.


RSAF mengoperasikan armada 72 pesawat Typhoon (termasuk pesawat yang jatuh kemarin), yang berpangkalan di King Fahad Air Base, Taif.
Sumber : theaviationist.com (diterjemahkan oleh TSM)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here