Pilpres 2019 memang masih dua tahun lagi. Namun, setiap partai politik telah menyiapkan diri mereka untuk pemilihan orang nomor satu di Indonesia ini.

Namun, ada yang menganggap bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi), bisa kalah telak dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019.

Hal ini akan terjadi jika nantinya Prabowo menggandeng Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra sebagai calon wakil presiden.

Skenario ini diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Indonesia Politikan Review (IPR) Ujang Komarudin. Menurut Ujang, hal ini bisa terjadi karena komposisi pasangan ini sangat baik. Keduanya sama-sama ahli dibangnya masing-masing. Prabowo dan Yusril juga dikenal sebagai pemimpin yang tegas.

“Saya kira Prabowo-Yusril merupakan komposisi pasangan yang bagus, juga karena mewakili Jawa dan luar Jawa, militer dan sipil,” tutur Ujang, Rabu (30/8/2017), dilansir jawapos.com.

Ujang melanjutkan, peluang Prabowo juga akan semakin terbuka lebar jika menjelang Pilpres 2019 masyarakat menilai bahwa kinerja Presiden Jokowi tak cukup baik.

“Prabowo-Yusril bukan tidak mungkin bisa menang atas Jokowi, jika incumbent gagal dalam mengelola negara,” tutur pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) tersebut.

Sementara itu, soal dukungan dari partai politik, Ujang meyakini akan banyak yang mendukung Prabowo-Yusril. Namun, hal ini akan cukup berat untuk Partai Demokrat mengingat adanya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Demokrat sepertinya akan berat mendukung. Karena punya golden boy, Agus Harimurti Yudhoyono yang digadang-gadang bakal jadi calon wakil presiden juga, tapi bisa jadi ikut juga,” tukasnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menduga, partai politik yang saat ini mendukung Jokowi akan terpecah dalam Pilpres 2019.

Tjahjo menyebut, akan ada tiga pasang calon yang bakal bersaing untuk menduduki kursi presiden. Pasalnya, setiap partai politik tentu ingin anggotanya yang menjadi presiden atau wakil presiden.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here