PSI Mulai Jaring Calon Anggota Legislatif Untuk Masuk Parlemen


Setelah tercatat di Kementerian Hukum dan HAM sebagai satu-satunya parpol baru berbadan hukum, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mulai menyiapkan diri masuk parlemen. PSI resmi mengumumkan dibukanya pendaftaran calon anggota legislatif.


“Setelah menyelesaikan tahapan verifikasi internal dan yakin 100 persen lolos verifikasi KPU, maka mulai hari ini PSI resmi membuka kesempatan kepada putra-putri terbaik Indonesia, yang ingin berjuang melawan korupsi dan intoleransi, untuk maju menjadi calon wakil rakyat,” ucap Sekjen PSI Raja Juli Antoni dalam keterangan tertulis, Minggu (27/8).


Toni mengatakan, PSI ingin menyegarkan parlemen dengan mengisinya dengan orang-orang bersih dari berbagai latar belakang profesi yang berkomitmen memperbaiki Indonesia dengan ide-ide baru dan kreatif.


Pembukaan pendaftaran caleg PSI

Pembukaan pendaftaran caleg PSI (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)


“Penjaringan calon wakil rakyat PSI dijamin bebas dari praktik pungutan dan korupsi. Prosesnya akan berlangsung transparan, dan akan menghadirkan tim panel independen,” lanjut Toni.


Tim penyeleksi calon anggota legislatif itu terdiri dari mantan Pimpinan KPK Bibit Samad Riyanto, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, dosen Universitas Indonesia Hamdi Muluk, entrepreneur muda Wishnutama Putra, Pakar Pertahanan LIPI Jaleswari Pramodhawardani, Mantan Komisioner Komnas Perempuan Neng Dara Afifah, dan Direktur Eksekutif Pusat Kajian Politik UI Sri Budi Eko Wardhani.


Para panelis ini akan ikut memberikan masukan dengan terjun langung menguji kandidat yang akan mendaftarkan diri menjadi calon anggota DPR melalui Partai Solidaritas Indonesia. Tim panel independen juga akan dibentuk di setiap provinsi, kota dan kabupaten di seluruh Indonesia, yang terdiri dari tokoh/aktivis lintas-agama, aktivis anti-korupsi dan akademisi.


“Mereka akan menguji kapasitas dan kapabilitas serta komiten anti-korupsi dan anti-intoleransi calon anggota legislatif PSI,” tutur Toni.


Selain itu, daftar bakal calon anggota legislatif PSI akan melalui uji publik di mana publik diberikan kesempatan untuk melaporkan bila ada nama-nama yang ada di daftar tersebut yang terindikasi pernah melajukan tindak korupsi dan intoleransi.


Jika laporan itu terbukti, PSI akan tegas mencoret nama-nama tersebut demi menjaga kualitas wakil rakyat kami di DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.


“Kami mengundang seluruh potensi terbaik muda yang ada di Republik ini, untuk bergabung bersama kami memperbaiki wajah politik Indonesia, dengan bergabung dalam perang melawan korupsi dan intoleransi. Silahkan mendaftar online di www.psi.id atau mendatangi langsung basecamp PSI di seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia,” ucap Toni.


Sumber Berita PSI Mulai Jaring Calon Anggota Legislatif Untuk Masuk Parlemen : Kumparan.com


Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here