sambal

Sambal bawang memiliki cita rasa dan wangi yang lezat menggoda. Salah satu produk rumahan sambal tersebut yang telah populer dan disukai oleh banyak orang adalah sambal bawang Bu Rudi, asli Surabaya.

Alasan mengapa sambal bawang itu populer adalah karena rasanya yang gurih dan pedas mantap serta tahan lama tanpa pengawet. Itu menurut yang dikatakan oleh pemiliknya. Tak heran jika pemasarannya sudah sampai ke berbagai kota di Indonesia.

Penasaran ingin membuat juga sambal bawang yang gurih pedas mantap ala Bu Rudi? Berikut ini resep yang dapat Anda ikuti:

Bahan-bahan:

10 buah cabai rawit merah

10 butir bawang merah

5 butir bawang putih

1 jeruk purut ukuran kecil

Garam, gula dan kaldu bubuk

Cara membuat:

Goreng cabai, bawang merah serta bawang putih dengan api kecil saja, hingga layu dan wangi. Minyaknya agak banyak. Setelah layu, angkat dan haluskan dengan cobek saja tak perlu terlalu halus, yang penting teksturnya masih ada.

Setelah itu, masukkan lagi ke minyak yang tadi, goreng kembali dengan api kecil. Tambahkan minyak secukupnya. Aduk-aduk sesekali agar tak gosong.

Beri garam, gula dan kaldu bubuk dan tes rasa. Masak sampai warnanya menjadi pekat.

Matikan api, dan sambal bawang ala Bu Rudi siap dimasukkan dalam wadah. Tutup rapat.

Sambal tersebut awet hingga dua pekan, dan lezat dikonsumsi bersama dengan nasi hangat dan ikan bakar, ikan goreng, serta lalapn dan lainnya. Selamat mencoba.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here