Hasil Final DFB Pokal 2017 Borussia Dortmund vs Eintracht Frankfurt 2-1

Rival utama Bayern Munchen di Bundesliga musim ini bukanlah runner-up musim lalu, RB Leipzig. Menurut Uli Hoeness, presiden Die Roten, bagaimanapun Borussia Dortmund tetap menjadi lawan utama mereka. Bayern sendiri punya tantangan musim ini, yaitu merebut gelar Liga Jerman untuk keenam kalinya secara beruntun.

Musim lalu, terjadi hal tidak biasa di Liga Jerman. Bayern Munchen memang masih berkuasa seperti dalam lima tahun terakhir. Tetai, mereka justru harus berpacu dengan tim promosi RB Leipzig. Tidak ada yang menyangka tim yang diasuh oleh Ralph Hasenhuttl itu menjelma jadi lawan yang berat selama sekitaran 25 pekan. Meskipun, pada akhirnya kekuatan Die Roten dan inkonsistensi Leipzig berpengaruh besar pada hasil akhir.

Namun, keberhasilan Leipzig mempecundangi tim-tim lain seperti Dortmund, Leverkusen, atau Schalke 04 menjadi nilai tersendiri. Terlepas dari sejarah Leipzig yang dianggap negatif, tim ini begitu segar dengan segudang pemain muda mereka. Mulai dari Naby Keita, Emil Forsberg, sampai Timo Werner. Satu yang paling penting, RB Leipzig disokong oleh kekuatan finansial yang kuat, sehingga bintang mereka tidak akan lepas karena dicomot tim lain.

Borussia Dortmund vs Eintracht Frankfurt 2-1 a

Kasus Leipzig berbeda dengan Dortmund, yang setelah juara Bundesliga dua kali, harus melihat Robert Lewandowski, Mario Gotze, Shinji Kagawa dan segudang pemain lain hengkang –meski kemudian ada yang kembali–. Namun, menurut Uli Hoeness, bagaimanapun musuh utama Bayern adalah Dortmund, bukan Leipzig yang akan menjalani musim kedua di Bundesliga dalam sejarah singkat mereka.

Hoeness menuturkan, “Leipzig akan menjalani musim yang bagus lagi, tapi penantang pertama (bagi kami) pasti adalah Borussia Dortmund.”

Musim lalu sendiri, Dortmund tidak konsisten di awal kompetisi. Pembelian banyak pemain muda dalam skuat mereka, dan masa adaptasi yang tidak mudah, membuat BVB pada akhirnya hanya mampu finish di peringkat ketiga. Bahkan meski di putaran kedua mereka cukup spektakuler.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here