Saat Disengat Lebah, Segera Lakukan Pertolongan Pertama Ini

Posted on

sengat lebah

Lebah memiliki kemampuan menyengat hingga menimbulkan efek yang cukup parah karena kandungan zat bisa (racun) di dalamnya. Efek yang dapat terjadi pada tubuh usai disengat misalnya seperti nyeri hebat, bengkak, bahkan kadang disertai demam.

Kulit akan menjadi kemerahan serta gatal. Untuk orang yang mengalami alergi maka sengatan lebah bisa memicu sesak napas, denyut nadi meningkat, dan menyebabkan reaksi alergi yang parah.

Walau jarang, namun ada pula kasus disengat lebah yang menyebabkan kematian.

Namun jangan panik jika Anda mengalami kejadian tak diinginkan tersebut. Segera lakukan pertolongan pertama untuk mengatasinya sehingga efek di atas bisa diminimalisir.

Pertama-tama siapkan air es atau es yang dimasukkan dalam air satu gelas. Lalu tempelkan perlahan di kulit sekitar sengatan lebah.

Baca Juga:  Mesin Jam Tangan Bisa Rusak Kalau Baterainya Habis Total

Lalu, cobalah untuk mengambil sengat lebah yang masuk dalam kulit. Umumnya sengat lebah akan tertinggal dalam kulit usai menyengat.

Tekan atau pijat sekitar kulit yang tersengat agar racun atau bisanya keluar. Jika terasa perih, kembali tempelkan air es di kulit.

Kompres dengan air es di bagian kulit tersebut, hingga rasa sakit dan bengkaknya berkurang. Pakai baking soda yang dicairkan dengan sedikit air dingin, lalu bubuhkan di sekitar kulit yang bengkak dan tersengat lebah.

Atau jika tak ada, gunakan gel lidah buaya yang telah dicuci dan ditempelkan di kulit yang terluka. Ini akan membantu meredakan nyeri. Semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.