Sosok Wali Kota Tegal Siti Masitha yang Ditangkap KPK


Seorang kepala daerah di Jawa Tengah dikabarkan tertangkap tangan tim satuan tugas KPK. Penangkapan dilakukan pada Selasa (29/8) siang usai diduga transaksi suap selesai dilakukan.


Pada saat penangkapan, tim menemukan uang berjumlah sekitar Rp 300 juta yang diduga sebagai uang suap. Diduga suap itu terkait dengan dana kesehatan di pemerintah daerah setempat.


Saat ini, kepala daerah itu sedang digelandang menuju kantor KPK. KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukumnya. Kepala daerah itu disebut-sebut seorang perempuan.


Dikonfirmasi terpisah juru bicara KPK, Febri Diansyah, belum bisa menjelaskan banyak terkait OTT itu. “Masih perlu saya pastikan lebih lanjut. Perkembangan akan disampaikan kembali,” kata Febri.


Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno

Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno (Foto: http://tegalkota.go.id/)


KPK melakukan penangkapan terhadap Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno. Sosok pejabat perempuan dari Partai Golkar ini diduga menerima suap sekitar Rp 300 juta atas pengadaan alat kesehatan di daerahnya.


Dia merupakan anak mantan Dirut PT Garuda Indonesia, Soeparno. Kepala daerah perempuan ini lahir di Jakarta, 10 Januari 1964.


Sitha muda terkenal aktif berorganisasi. Dia mengeyam pendidikan di Thailand, Belanda, dan Amerika Serikat. Dari sekolahnya, bidang yang dikuasai yakni perhotelan, kecantikan, dan manajemen.


Dia memulai karirnya di dunia bisnis perhotelan dan biro perjalanan. Hingga saat ini tercatat beberapa jabatan di perusahaan perjalanan.


Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno

Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno (Foto: http://tegalkota.go.id/)


Hingga pada tahun 2013 lalu, dia maju dalam pencalonan Wali Kota Tegal didampingi wakilnya Nursoleh. Masa jabatannya mulai dari tahun 2014 hingga 2019.


Sitha merupakan pengganti Wali Kota Tegal sebelumnya Ikmal Jaya. Dia merupakan wali kota pertama perempuan di Kota Tegal.


Namun, sebelum itu dia pernah mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari Partai NasDem untuk daerah pemilihan Jawa Barat I.


Informasi yang didapat dari beberapa sumber kumparan di KPK, Wali Kota Tegal itu menerima suap terkait dana kesehatan di lingkungan Pemkot Tegal. Uang Rp 300 juta, diamankan dari tangan Siti.


Ketua KPK, Agus Rahardjo membenarkan penangkapan terhadap Wali Kota Tegal. “Betul ada OTT di Jateng, tunggu konpers besok ya,” kata Agus.


Saat ini, tim KPK sudah menyegel beberapa tempat di Tegal. Siti pun langsung digelandang menuju gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan intensif.


Image result for Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno

Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno

Harta Kekayaan Siti Masitha, Wali Kota Tegal yang Diciduk KPK


KPK menangkap Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno. Ia diduga menerima suap terkait dana kesehatan di lingkungan Pemkot Tegal.


Pada saat penangkapan, uang Rp 300 juta turut diamankan dari tangan Siti. Ketua KPK, Agus Rahardjo membenarkan penangkapan terhadap Wali Kota Tegal.


“Betul ada OTT di Jateng, tunggu konpers besok ya,” kata Agus melalui pesan singkat, Selasa (29/8).


Sebagai informasi kumparan membeberkan total harta kekayaan yang dimiliki Sitha sebagai pejabat publik.


Dari data yang diakses pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, Sitha terakhir kali melaporkan kekayaannya pada Agustus 2013 lalu. Saat itu ia baru saja ingin mencalonkan diri sebagai Wali Kota Tegal, Jawa Tengah.


Dalam dokumen tersebut, Sitha diketahui memiliki harta tidak bergerak sebesar Rp 852.791.000. Itu termasuk tanah dan bangunan seluas 252 dan 175 meter persegi di Jakarta Selatan yang diperoleh dari usaha sendiri dan dana hibah.


Sitha juga memiliki harta bergerak berupa alat transportasi senilai Rp 505.000.000. Alat transportasi tersebut antara lain Honda Freed, Toyota Avanza dan Honda Brio.


Selain itu ia juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 50.475.000. Ia juga memiliki logam mulia senilai Rp 29.700.000. Terakhir, Sitha juga memiliki giro senilai Rp 14.000.000.


Sitha dalam laporannya menyatakan tak memiliki utang sama sekali. Jadi, total kekayaan Siti yang dilaporkan saat itu adalah Rp 1.451.966.000.


Sumber Berita Sosok Wali Kota Tegal Siti Masitha yang Ditangkap KPK : Kumparan.com


Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here