Loading...
Berita

Survei Median: Elektabilitas Jokowi Turun, Gatot, Anies dan AHY Menanjak


Media Survei Nasional (Median) menyebutkan muncul figur selain Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada pemilihan presiden tahun 2019. Median menyebutkan mereka adalah mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Agus Harimurto Yudhoyono (AHY). Survei menyebutkan elektabilitas ketiganya terus naik.


“Terlihat Gatot di bulan Oktober 2017 2,8 % lalu meningkat di bulan Februari 2018 5,5 %. Gubernur Anies Baswedan 4,4 % kemudian meningkat jadi 4,5 %. Dan AHY yang sebelumnya hanya 1% meningkat jadi 3,3 %,” kata Direktur eksekutif Median, Rico Marbun di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (22/2).


Mereka bertiga terlihat semakin menonjol lantaran beberapa hal. Salah satunya yaitu Gatot Nurmantyo yang dinilai oleh masyarakat merupakan sosok tegas, yaitu sekitar 21,4 %. Kemudian, Gatot dinilai sebagai sosok pembela umat islam sekitar 14,3 %.

Baca Juga:  Begini Cara Ahok Bantu Seorang Pria Lamar Pacarnya dari Dalam Penjara

“Sementara Anies dinilai masyarakat karena memiliki kepribadian baik 18,5 % dan baik kepemimpinannya,” kata Rico.


Kemudian, lanjut Rico, AHY dipilih karena muda sekitar 17,9 % serta figur dari Ayahnya yaitu Susilo Bambang Yudhoyono 7,1 %. Walaupun demikian suara Jokowi masih di atas mereka. Yaitu sekitar 35% dan Prabowo 21,2 %. “Merosotnya suara Jokowi dan Prabowo terdapat nama-nama baru yang muncul,” kata Rico.


Survei ini dilakukan dalam rentang waktu 1-9 Februari 2018, terhadap 1.000 responden yang telah memiliki hak pilih. Survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of error 3,1 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen. Sebelumnya, suara Jokowi disebut di dalam survei Median mengalami penurunan dari 36,9 % di April 2017, 36,2 % di Oktober 2017, dan terakhir merosot menjadi 35 % di Februari 2018.[mr/mdk]

Baca Juga:  Ini Kesulitan yang Dihadapi Polisi di Kasus Habib Rizieq

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.