Thailand Resmi Jadi Tuan Rumah MotoGP 2018, 'Dahului' Indonesia

Thailand resmi menjadi tuan rumah MotoGP 2018. Penandatanganan kontrak untuk gelaran grand prix di negara ini akan dilakukan pada Kamis, 31 Agustus 2017 mendatang. Menggunakan Sirkuit Buriram yang sempat dikritik oleh Valentino Rossi, Thailand ‘mendahului’ Indonesia, yang juga berminat menyelenggarakan MotoGP.

Thailand untuk pertama kalinya bakal menggelar seri MotoGP mulai tahun depan. Kontrak kerjasama dengan MotoGP berdurasi tiga tahun –sampai MotoGP 2020– bakal segera dirampungkan di Bangkok, pertengahan pekan ini. Dengan demikian, Thailand mengikuti jejak Malaysia, sesama negara Asia Tenggara yang sudah rutin menyelenggarakan grand prix MotoGP.

Dikutip dari Marca, Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna sebagai pemegang hak komersial MotoGP, akan bertemu dengan Sakon Wannapong, pimpinan SAT (The Sports Authority of Thailand) untuk hal ini. Semuanya tinggal masalah waktu dan formalitas semata.

Sebelumnya, Thailand bersaing dengan Indonesia, Kazahkstan, dan Finlandia untuk mendapatkan jatah masuk ke kalender MotoGP tahun depan. Namun, dibandingkan dengan tiga negara pesaing, terutama Indonesia, Thailand tampak lebih menjanjikan sebagai titik lain pengembangan MotoGP ke seluruh dunia.

Andrea Dovizioso Bisa Juara MotoGP 2017 Karena Faktor Strategi

Sejauh ini sudah ada 18 grand prix yang disiapkan untuk MotoGP musim depan. Dan ditambah dengan GP Thailand, jumlahnya mendekati ideal untuk perubahan besar di olahraga balap motor ini, yaitu 20 grand prix dalam setahun.

Sebagai catatan tambahan, Sirkuit Buriram yang selama ini lebih dikenal dunia karena gelaran World Superbike (WSBK), akan menjadi sirkuit tambahan pertama bagi MotoGP, sejak Termas de Rio Hondo (GP Argentina) tiga tahun lalu.

Dan, jika dilihat dari sejarah, Thailand akan menjadi negara ketiga asal Asia Tenggara yang pernah menjadi tuan rumah MotoGP. Sebelumnya, Indonesia dan Malaysia sudah pernah menyelenggarakan gelaran yang dahulu masih berbalut nama kejuaraan 500 cc ini. Cuma, sejak 1997, dari kawasan Asia Tenggara, yang tersisa tigngal GP Malaysia saja sampai Thailand hadir.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here