tidur mangap

Tidur siang sangat disarankan bagi siapa pun yang memiliki waktu melakukannya. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Beberapa di antaranya mengumpulkan kembali sebagian energi tubuh yang hilang setelah beraktivitas seharian, hingga dapat menjauhkan dari penyakit kardiovaskular. Namun tidur siang baiknya tidak dilakukan dalam jangka waktu lama.

Satu lagi, sebuah studi menyimpulkan bahwa tidur siang sebaiknya dilakukan sekitar pukul 15.00. Peneliti menilai di jam tersebut terjadi perputaran ritme sirkadian. Orang cenderung mengantuk usai bersantap siang dan konsentrasi pun ikut menurun. Dengan sejenak tidur siang akan memperbaiki hal tersebut.

Hanya diperlukan sekira 20-30 menit saja untuk tidur ini agar tubuh menjadi segar. Tidur siang yang dilakukan melebih durasi tersebut biasanya akan membuat seseorang makin nyenyak dan sulit dibangunkan. Durasi tidur siang berlebihan dapat menjadikan orang mendadak grogi saat terbangun hingga satu jam kemudian. Dia mengalami inersia tidur.

Orang yang kerap mendapati dirinya kurang tidur di malam hari akan terbantu dengan tidur siang. Tidur siang juga menjadikannya lebih mudah nyenyak saat lelap di waktu malam. Ada kalanya orang dewasa tidak mampu memenuhi 7-8 jam tidur malam akibat pekerjaan. Tidur siang bisa menjadi pelengkapnya.

“Ketika Anda kurang tidur, banyak hal buruk yang bisa terjadi pada mood, konsentrasi, kesehatan, dan sistem kekebalan tubuh. Bukanlah hal yang baik jika waktu tidur dirampas,” kata Rajkumar Dasgupta, asisten profesor kedokteran klinis di Fakultas Kedokteran Keck Universitas Southern California, seperti dikutip laman Okezone.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here