daun pepaya daging

Hari Raya Idul Adha sebentar lagi akan datang, artinya akan ada banyak daging kambing di rumah-rumah hasil dari qurban yang dilakukan. Salah satu ciri khas daging kambing yang kadang tak disukai adalah aroma atau baunya. Padahal justru disitu letak kelezatan dan ciri khas hewan tersebut yang dapat menambah selera makan.

Nah, untuk Anda yang tak ingin mencium aroma khas kambing saat hendak memasaknya, maka ada beberapa tips berikut ini yang bisa diikuti. Tips ini juga sekaligus untuk mengatasi agar daging tidak alot dan mudah empuk.

Yuk simak berikut ini informasinya:

Jangan dicuci dan terkena air dulu

Sebisa mungkin, daging kambing jangan sampai dicuci atau terkena air dahulu. Ini akan membuat serat daging kambing menjadi keras dan kaku. Alhasil akan alot saat dimasak. Tak hanya alot, aromanya juga bakal makin kuat. Cucilah daging saat sudah hendak dimasak, beberapa menit sebelumnya.

Pisahkan lemaknya

Pisahkan lemak dari dagingnya jika hendak menyimpan daging ke dalam lemari pendingin. Jangan lupa tempatkan di wadah berbeda. Jika hendak dimasak, boleh diolah menjadi satu masakan yang sama. Lemak itulah sumber aroma prengus daging kambing.

Taburi garam

Menaburkan garam juga dapat membantu meminimalisir aroma kambing. Jika hendak dimasak, baru cuci bersih daging dari garam.

Parutan nanas

Parutan nanas muda adalah trik lain yang ampuh untuk menghilangkan aroma, serta membuat daging cepat empuk. Caranya, nanas yang sudah dikupas kemudian diparut hingga halus, ambil sari atau airnya. Balurkan pada daging yang belum dicuci dan diamkan 5-10 menit. Setelah itu, daging siap dimasak setelah dicuci. Parutan buah pir pun dapat digunakan untuk fungsi yang sama.

Air jeruk nipis

Perasan air jeruk nipis ini khusus untuk membantu mengatasi bau daging kambing. Siramkan pada daging kambing yang telah dipotong kecil, lalu diamkan 5 menit. Cuci dengan air bersih sebelum dimasak.

Ada pula yang menggunakan daun pepaya yang telah diremas-remas, untuk mengempukkan daging agar cepat matang. Nah, terserah Anda hendak menggunakan cara yang mana. Selamat mencoba.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here