Loading...
Lifestyle

Walau Kecil Tapi Bluberi Efektif Lawan Sel Kanker

blueberry

Bluberi atau blueberry kini disebut-sebut sebagai salah satu makanan super atau super food yang mempunyai banyak nutrisi dan khasiat bermanfaat untuk kesehatan. Dalam beberapa penelitian, buah berwarna biru ini disinyalir mampu meningkatkan efikasi pengobatan kanker. Ia juga efektif membantu melawan sel kanker.

Hal itu dikatakan oleh salah satu peneliti bernama Fang, yang bekerja di School of Medicine di University of Missouri-Columbia, serta tim nya dalam Pathology and Oncology Research.

“Terapi radiasi tetap merupakan perawatan utama untuk kanker serviks. Tapi bluberi bisa mengurangi efek penggunaan radiasi berenergi tinggi untuk menghancurkan sel kanker,” jelas Dr Fang.

Bluberi juga membantu mengatasi kerusakan sel sehat yang jadi rusak akibat terapi radiasi.

Karena itulah ilmuwan juga melakukan uji apakah ekstrak blueberi bisa dipakai untuk radiosensitizer pula. Radiosensitizer adalah senyawa yang membuat sel kanker lebih rentan pada radiasi.

Selain itu, ilmuwan juga menemukan bahwa dalam bluberi ada kandungan resveratrol dan flavonoid, seperti pada buah anggur.

Zat itu sangat membantu dalam melawan sel kanker prostat dari efek terapi radiasi.

“Flavonoid adalah bahan kimia yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakteri,” demikian dilansir Medicalnewstoday, Sabtu (17/2/2018).

Jika terapi radiasi saja sudah menurunkan jumlah sel kanker sampai 20 persen, maka dengan ekstrak bluberi jumlahnya bertambah lagi mencapai 25 persen.

Saat kedua terapi itu digabung, radiasi dan ekstrak bluberi, maka sel kanker serviks turun sampai 70 persen. Hal ini tentu jadi kabar yang menggembirakan bagi penderita penyakit tersebut.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Sampaikan Pendapat

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.